Mohon tunggu...
Kevin Noor
Kevin Noor Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Psikologi UPI 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Urgensi Kecerdasan Sosial-Emosional Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

29 Juli 2021   18:25 Diperbarui: 2 Agustus 2021   21:31 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa pandemi di Indonesia masih belum memberikan titik terang akan penyelesaian masalah ini. Pendidikan tak lepas dari dampak yang diberikan karena pandemi yang belum juga usai. Hal ini menyebabkan anak-anak untuk tetap harus belajar di rumah secara daring dan banyak mengandalkan bimbingan dari orangtua. Kegiatan belajar mengajar secara daring ini ternyata taak terlepas dari dampak negatif bagi anak, yaitu menurunnya kemampuan kecerdasan sosial dan emosional anak.

Dilansir oleh Suara.com, Dr. Salami Mahmud, M.A. berpendapat bahwa, kegiatan belajar mengajar di rumah ini dapat mengahambat perkembangan kecerdasan sosial anak. Kesulitan anak dalam mencari wadah untuk mengembangkan keterampilan interpersonalnya dan ketidakpahaman orangtua mengenai kecerdasan sosial adalah penyebabnya. Padahal, mengasah kecerdasan sosial dalam pertumbuhan anak dapat menghindari anak dari hambatan kehidupan sosial saat ini maupun masa depan (Sa'diyah et al., 2020).

Sedangkan dari sisi kecerdasan emosional, masa pandemi ini banyak menghasilkan emosi-emosi negatif yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional anak. Dilansir oleh Kemenkeu.go.id, untuk mengendalikan psikologi individu diperlukannya pengaruh positif dari kecerdasan emosional. Artinya, untuk mengatasi emosi-emosi negatif yang sering timbul di masa pandemi saat ini, diperlukannya fokus perhatian dalam mengasah kecerdasan emosional untuk mengendalikan emosi di situasi yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan seperti masa pandemi saat ini.

Melihat permasalahan-permasalahan yang timbul saat ini, kegiatan KKN yang penulis laksanakan mengangkat mengenai urgensi kecerdasan sosial dan emosional terhadap pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. 

Penyampaian mengenai urgensi ini dilakukan dengan melaksanakan pematerian secara daring dengan mengedukasi guru dan orangtua murid mengenai pentingnya kecerdasan sosial dan emosional anak serta memberikan tips-tips aktivitas sederhana yang dapat membantu mengasah kecerdasan sosial dan emosional anak, tips ini nantinya penulis berikan dalam bentuk pematerian secara daring dan pocket book berbentuk pdf sehingga orangtua murid maupun guru-guru memiliki pegangan untuk kedepannya.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah guru dan orangtua murid di TK Islamic Kids Corner, hal ini dikarenakan anak usia dini dianggap sebagai golden age period, artinya masa ini adalah masa terbaik untuk kita mengasah kemampuan anak dan akan sangat disayangkan bila masa ini dilewati tanpa mengasah kecerdasan sosial dan emosional anak sebab kurangnya edukasi mengenai urgensi ini. 

Diharapkan dengan dilaksanakannya edukasi mengenai urgensi kecerdasan sosial dan emosional terhadap pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19 dapat membaantu orangtua murid dan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring serta memberikan dampak positif pula bagi anak.

-Artikel berita program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan (KKN Tematik UPI 2021)-

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Eka Surachman, S.Si., MT.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun