Hasil yang dicapai Magang
A. Definisi Administrasi
Administrasi dalam kehidupan sehari-sehari ataupun dalam dunia kerja, pasti sudah tidak asing dengan istilah admintrasi kata ini sering dijumpai dan digunakan dalam kehidupan sehari-sehari . Namun tidak semua mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan admintrasi itu sendiri.Â
Dr. Sondang Siagian (2012:13), menyatakan bahwa administrasi merupakan keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasrkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Menurut Irra Chisyanti Dewi (2011:3) dalam buku pengantar admintrasi mengatakan bahwa admintrasi memiliki pengertian dalam arti yaitu sebagai perkerjaan tulis menulis atau ketatausahaan atau kesekretarisan, yaitu meliputi kegiatan menerima, mencatat, menghimpun, mengolah, mengadakan, mengirim, dan menyimpan.
The Liang Gie (2009:9) dalam bukunya administrasi perkantoran modern mengatakan bahwa administrasi memiliki pengertian dalam arti luas, yaitu Adminstrasi merupakan proses kerjasama beberapa individu dengan cara yang efisien dalam mencapai tujuan sebelumnya "Hal tersebut menyelesaikan bahwa serangkaian kegiatan yang memerlukan proses kerja sama dan bukan merupakan hal yang baru karena dia telah timbul bersama-bersama dengan timbulnya pemidahan manusia.
B. Administrasi pada PT PPI
Kegiatan administrasi yang ada pada PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), dapat dijabarkan secara rinci sebagai berikut:
Pencatatan Kartu Persediaan, merupakan laporan yang berisi mengenai sekumpulan catatan pembukuan, baik itu diatas kertas atau dalam bentuk elektronik, yang berisi rincian lengkap aktivitas transaksi yang terjadi, yang nantinya berisi ringkasan perputaran stok dan sisa saldo yang dimiliki.
Pencatatan Kartu Piutang, merupakan catatan akuntasi yang berupa buku pembantu yang berisi mutasi piutang perusahaan kepada setiap pelanggannya.
Pencatatan Kartu Hutang, merupakan berupa kartu hutang yang diselenggarakan untuk tiap kreditur, yang memperlihatkan catatan mengenai nomor faktur dari pemasok, jumlah yang terutang, jumlah pembayaran, dan saldo hutang.
C. Pengadministrasian Pencatatan Kartu Persediaan
Pengadministrasian pencatatan kartu persediaan merupakan laporan yang berisi mengenai sekumpulan catatan pembukuan, baik itu diatas kertas atau dalam bentuk elektronik, yang berisi rincian lengkap aktivitas transaksi yang terjadi, yang nantinya berisi ringkasan perputaran stok dan sisa saldo yang dimiliki.
Adapun proses yang penulis lakukan dalam kajian Pencatatan Kartu Persediaan, dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar 4.2 Proses Pencatatan Kartu Persediaan
Hasil yang dicapai dari kegiatan magang oleh penulis adalah mengetahui secara jelas tentang "Proses Pengadministrasian Pencatatan Kartu Persediaan Divisi Non komersial PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)" yang dimulai sebagai berikut:
1. Pertama, meminta data buku harian penjualan dan penerimaan atau dari faktur penjualan dan penerimaan bulan januari sampai dengan november;
2. Kedua, mengecek daftar tiap nama perusahaan perusahaan yang melakukan pembelian barang;
3. Ketiga, mencatat langsung ke kartu persediaan per perusahaan satu kartu persediaan yang melakukan pembelian atau penjualan untuk pembelian ditempatkan ke saldo masuk sedangkan penjualan ditempatkan ke saldo keluar
4. Keempat, langsung diketahui sisa saldo akhir tersebut setelah mengurangkan atau menjumlahkan saldonya.
D. Kendala dan solusi Proses pengadministrasian Kartu Persediaan