Di era digital yang semakin maju, kecerdasa buatan atau Artificial intelligence (AI) telah menjadi transformative ke berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu target yang berpotensi mengalami perubahan signifikan dari perkembangan AI ini adalah Pendidikan. Seiring meningkatnya kesadaran akan potensi besar Ai dalam membantu proses pembelajaran  dan pengajaran, sudah banyak institusi Pendidikan yang mulai mempertimbangkan untuk menggunakan AI ke dalam kurikulum mereka.
Implementasi AI dalam kurikulum Pendidikan membuka serangkaian peluang menarik yang dapat merevolusi car akita belajar dan mengajar. AI menawarkan Solusi inovatif untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi sistem Pendidikan. Namun idbalik potensi besarini, terdapat pula tantangan yang perlu dihadapi.
Peluangan Implementasi AI dalam Kurikulum Pendidikan :
1. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa
Ai dapat membantu guru untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang lebih efektif, memberikan penilaian dan umpan balik yang lebih akurat, serta membantu siswa untuk belajar dengan cara yang lebih personal (Yulianti dkk., 2023). Hal ini dapat meningkatkan efetivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
2. Membantu Guru dalam Menyusun Rencana Pembelajaran yang Lebih Efektif
AI membantu guru dalam menganalisis data pembelajaran siswa secara komprehensif dan memberikan saran untuk optimalisasi proses belajar mengajar (Nazaretsky dkk., 2022). Ditambahkan pula oleh M. Yahya dkk. (2023)AI mampu mengotomatisasi berbagai  tugas  administratif,  mulai  dari  mengoreksi  ujian  dan  tugas,  mengatur jadwal  kuliah,  hingga  memberikan  tanggapan  cepat  kepada  siswa,  sehingga membantu meringankan beban kerja guru dan meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar.Hal  ini  dapat  membantu  guru  untuk  menyusun  rencana  pembelajaran yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
3. Personalisasi Pembelajaran
Ai memungkinkan pengembangan sistem pembelajaran adaptif yang dapat menyesuaikan konten, kecepatan, dan metode pengajaran berdasarkan kebutuhan individual siswa.
Tantangan Implementasi AI dalam Kurikulum Pendidikan