Mohon tunggu...
Ken Adam
Ken Adam Mohon Tunggu... -

Saya paling hobby membaca buku, dengar musik dan bermain bulutangkis. Lokasi: Sunter, Jakarta Utara.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Faktor harga terhadap loyalitas konsumen

25 Maret 2011   18:04 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:26 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Yang namanya harga, lokasi dan pelayanan selalu menjadi fator utama konsumen dalam hal memutuskan membeli barang. Tapi, tahu-kah Anda, bahwa Harga adalah fator utama yang menentukan konsumen untuk membeli barang Anda atau tidak.

Berikut ini beberapa tips dalam menjadiklan pelanggan biasa menjadi loyal:

Saat ini pengusaha makanan dan minuman skala kecil dan kaki lima memang kian menjamur. Akibatnya, para pedagang pun harus mengakali harga produknya yang makin kompetitif. Bagaimana pun harga merupakan salah satu faktor kunci di tengah persaingan usaha yang makin ketat.

Hal ini dipaparkan Reny Y dalam bukunya "54 Peluang Usaha Makanan dan Minuman Modal Rp2 Jutaan", terbitan Daras Book seperti dikutip okezone.

"Jika Anda bisa mematok harga sedikit lebih rendah dengan tetap mempertahankan kualitas produk, konsumen pun akan berdatangan secara otomatis dan lebih memilih membeli produk Anda dibanding yang lain," katanya.

Namun, dia mengatakan, kesalahan yang sering dilakukan sebagian besar pengusaha kuliner skala kecil adalah tidak mencantumkan harga dalam daftar menu. Hal seperti itu menurutnya perlu dihindari.

Selain membuat pembeli bertanya-tanya, kondisi ini menurutnya juga bisa membuat calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli.

"Tidak mencantumkan harga di daftar menu juga dapat menimbulkan kekecewaan kepada konsumen saat harga yang diberikan ternyata jauh berbeda dari perkiraan mereka," imbuhnya.

Untuk itu, Reny memberikan tips menentukan harga jual produk kuliner seperti berikut ini, Harga Jual = Harga pokok produksi + keuntungan yang diinginkan.

Harga pokok produksi = Biaya operasional yang dikeluarkan per periode / jumlah produk yang dapat dijual per periode.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun