Mohon tunggu...
KENNY KURNIAWAN
KENNY KURNIAWAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Without art, life is meaningless

Selanjutnya

Tutup

Diary

My Experience with Communication Science

5 Maret 2024   11:28 Diperbarui: 28 Maret 2024   10:07 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Sebagai seorang Chindo dari Pangkalpinang, Bangka Belitung, Masa depan saya sebenarnya sudah ditentukan oleh etnis saya sendiri. Kalo ngakk jadi dokter, pengusaha toko lah wkwkwk. Tetapi, karena saya seorang lulusan IPS yang ngakk tertarik dengan hal-hal yang berbau dagang, saya ngakk cocok masuk ke dalam kedua pekerjaan itu. Sebenarnya saya sangat tertarik dengan semua hal yang berkaitan dengan bahasa inggris. Dari kelas 3 aja saya udah dibilang fluent oleh emak-emak temen saya. Jadi saya mau masuk ke dalam Sastra Inggris saat kuliah nanti. Tapi karena ortu tidak  merestui, dan univ yang nawarin kejauhan, saya harus cari jurusan lain.
Di saat saya bingung nyari jurusan, kebetulan ada konseling terkait dengan jurusan perguruan tinggi. Setelah saya mengikuti konseling tersebut, saya dikenalkan kepada jurusan bernama "Ilmu Komunikasi". Saya sendiri ngakk pernah kepikir tentang jurusan tersebut, tapi setelah mendengar apa aja prospek kerja yang bisa gua jalanin setelah lulus, saya merasa bahwa jurusan ini panggilan hidup saya. Setelah mengikuti beberapa tes dari perguruan-perguruan tinggi, saya menetapkan pilihan saya untuk berkuliah di Kalbis Institute (sekarang Kalbis University) Prodi Ilmu Komunikasi penjurusan "Strategic Communication".

Expectation vs Reality

Jujur, saat saya dengar jurusan Ilmu Komunikasi, gua pikir "Oh, jadi kita cuma belajar ngobrol aja kan? Kek gimana cara kita ngobrol dengan efektif, cara kita pidato ato berdebat dengan baik aja kan?" Saya buta banget dah kalo ditanyain tentang IlKom, karena saya sendiri baru tau bahwa ada jurusan ini. Di benak saya, saya pikir kita paling diajar tentang teori-teorinya dan praktek berkomunikasi. Saya ngakk punya bayangan apapun tentang kelas yang bakal gua jalanin nanti. Dan kenyataannya, ekspektasi saya kecil dibanding realita.
Ilmu Komunikasi bukan cuma belajar ngomong, saya harus belajar cara nulis kreatif, teknologi digital, sosiologi, dan yang paling di luar nalar saya, saya harus belajar PSIKOLOGI. Semua hal yang saya harus pelajarin bener-bener di luar ekspektasi saya. Mungkin saya ngakk shock dengan sosiologi, karena komunikasi ada kaitannya dengan ilmu sosial, tetapi PSIKOLOGI? Asli itu yang bikin saya shock. Dan sekarang di semester dua, SAYA HARUS BELAJAR DESAIN GRAFIS????? Oh. My God. Ilmu Komunikasi, tidak semudah itu ferguso. 

The Good, The Bad, and The Ugly

Ya, namanya hidup, kalo ngakk ada suka duka, apakah kita benar-benar hidup? Saya secara personal enjoy banget dengan kelas-kelas yang saya ikutin. Apalagi kalo kelas ini nuntut kita untuk berpikir kritis, kayak Psikologi ama Sosiologi. (Flex dikit, saya dapet A di kelas Sosiologi, di mana banyak senior yang ngulang mata kuliah itu). Dan tugas-tugas yang saya harus kerjain itu saya golongin dalam "cukup ringan", bukannya sombong abangku, saya belajar ilmu padi kok wkwkwk. Tapi, secara pribadi saya ngerjain tugas-tugas itu secara santai-santai aja (Walaupun ada yang buat saya begadang sampe jam 6 pagi). 

Tapi, ada beberapa hal yang saya kurang sukai. Tapi ini lebih ke personal daripada secara subjektif. Saya bener-bener ngakk expect bahwa saya bakal belajar Desain Grafis. Dan saya secara personal ngakk suka ngambar. Tangan saya emang ngakk pas aja buat ngambar dan image yang ada di kepala saya ngakk pernah bisa direalisasikan secara fisik. Dan yang terakhir mengcakup kinerja kelompok. Apalagi di kelas umum yang campur dengan senior yang mengulang atau mengikuti kelas untuk menuhin SKS. Saya pernah dapet kelompok dimana semua anggota ngakk punya enthusiasm untuk ngerjain tugas itu. Untung mereka masih ngirim jatah mereka, tapi ngerjainnya setengah-setengah banget, yang satu pake ChatGPT lagi buat scriptnya. Haiya............

Hopes and Dreams

Setelah menempuh perkuliahan selama 2 semester, saya masih merasa hopeful. Saya tau bahwa ini belum saatnya untuk capek ato lelah karena "there's still a long way to go". Harapan saya ya setelah saya lulus, saya bakal dapet pekerjaan yang bagus, gaji yang mencukupi (kalo bisa banyak juga bowleh), ya posisinya senada dengan penjurusan saya dah. Masa lulus jadi S.I.Kom kerjanya jadi barista? Yang bener aja... RUGI DONG. Tapi, saya bakal kerja keras dah biar saya bisa menjadi S.I.Kom (Sang. Idola. Kelas Orang MANYALA)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun