Selasa (14/06/22), Mahasiswa KKN-T MBKM UPNVJT kelompok 98 melakukan kunjungan ke empat UMKM di Desa Kebondalem. Tujuan kunjungan ini untuk melakukan edukasi mengenai cara mengelola sosial media agar banyak konsumen yang tertarik. Kegiatan edukasi yang dilakukan terdiri dari pembuatan tagline, motto, caption serta cara promosi produk dengan mengunggah foto produk. Sosial media yang digunakan sebagai contoh edukasi ialah instagram yang sudah dibuatkan oleh kelompok 98.
Edukasi pengelolaan sosial media dilakukan langsung di rumah produksi pelaku UMKM. Empat UMKM yang dikunjungi ini terdiri dari Kripik madam, Tiga puta, Tiga putri dan Dua putra. Edukasi dilakukan sedetail mungkin, mulai dari cara yang benar membuat caption serta langkah-langkah unggah foto. Pembuatan tagline dan motto sebelumnya sudah dibuatkan oleh kelompok 98, sehingga saat edukasi hanya perlu berdiskusi dan memutuskan tagline yang digunakan.
Kegiatan edukasi secara pribadi disambut baik oleh pelaku UMKM. Edukasi secara pribadi dirasa lebih efektif dilakukan, agar pelaku lebih paham mengenai pengelolaan sosial media. Sehingga akun sosial media UMKM dapat terus dikembangkan meskipun tanpa mahasiswa KKN. Harapan kelompok 98 para pelaku UMKM yang mendapatkan edukasi ini dapat terus mengelola akun sosial media yang sudah ada sesuai dengan edukasi yang dilakukan.
Penulis : Royce Octa B. B.
Editor : Nanda Defi Anita & M. Radif Ashabi
DPL Â Â : Kusuma Wardhani Mas'udah S.Si.,M.Si
PIC Â Â Â : Eka Restu Justitian
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H