M-commerce yang dimaksudkan selama ini bisa dikatakan sebagai suatu tren teknologi dimanatransaksi komersial (commercial transaction) dapat dilakukan dengan menggunakan perangkatmobile yang terhubung dengan pelayanan nirkabel. Dengan kata lain, hal ini menerangkan bahwaselayaknya suatu teknologi m-commerce bisa memfasilitasi penggunanya untuk menikmatilayanan dari teknologi tersebut darimana saja termasuk ketika sedang berjalan-jalan antarlokasiyang berbeda.
Jika e-commerce secara umum menggunakan perangkat PC untuk mendorong transformasi bisnisyang memungkinkan pengguna melakukan transaksi tanpa dibatasi dimensi waktu (dengan masihdibatasi kebebasan lokasi), maka m-commerce mencoba menjadi solusi untuk menyediakantingkat pelayanan yang lebih baik dalam memfasilitasi transaksi dengan menghilangkan sebanyakmungkin keterbatasan yang terkait dengan lokasi.
Sistem struktur M-commerce meliputi aplikasi, mobile station, mobile middleware, wireless network, wired network, dan host computer.
- Aplikasi M-commerce, merupakan jenis layanan yang dibangun di atas M-commerce seperti disebutkan dalam tabel 1.
- Mobile stations, adalah perangkat handset yang menjadi antar muka pengguna ketika aktivasi aplikasi M-commerce. Saat ini semua handset mendukung aplikasi M-commerce sederhana seperti teks sedangkan aplikasi yang lebih kompleks dengan visualisasi dapat digunakan handset cerdas seperti iPAQ, Communicator, Palm.
- Mobile middleware, adalah layer perangkat lunak yang digunakan antara sistem operasi handset dan aplikasi M-commerce. Perangkat lunak akan mentranslasikan permintaan oleh handset ke server dan sebaliknya. Perangkat lunak yang umum digunakan adalah WAP (wireless application protocol), i-mode, Java, dan beberapa aplikasi menggunakan Visual Basic dan Delphi.
- Wireless network, merupakan infrastruktur yang mendukung komunikasi nirkabel dimana mobilitas pengguna menuntut akses tanpa batas. Jaringan nirkabel yang digunakan dapat berupa Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Wide Area Network (WAN).
- Wired network¸ adalah infrastruktur server yang digunakan oleh perusahaan.
- Host computer, adalah perangkat komputer yang menjalankan dan menyimpan informasi aplikasi M-commerce. Komponen utama host adalah web server, database server, dan program aplikasi.
Perkembangan m-dagang disebabkan oleh beberapa faktor:
·Semakin berkembangya peralatan nirkabel yang mobile.
·Tidak lagi membutuhkan PC
·“Budaya telepon seluler”
·Biaya yang cenderung menurun
·Perbaikan bandwidth
Aplikasi Dalam Layanan Finansial :
·Mobile Banking
Di banyak negara, bank sudah memberikan layanan akses mobile. Berbagai aplikasi seperti transfer uang, mengecek saldo dapat dilakukan
·Sistem Pembayaran Elektronik Nirkabel
Dengan sistem ini, ponsel bisa menjadi alat pembayaran yang aman, dan menjadi alat pembayaran yang sah di jaringan sellular. Misalnya, di Italy ada sistem pembayaran parkir dengan menggunakan ponsel. Di Jepang dan di Indonesia juga sudah ada pembelian tiket bioskop melalui ponsel.
·Micropayment
Hampir sama dengan sistem pembayaran elektronik nirkabel di atas, Micropayment juga memfungsikan ponsel menjadi alat pembayaran. Namun aplikasinya dilakukan hanya pembayaran yang sifatnya kecil (biasanya kurang dari 10 dolar)
·Dompet Nirkabel (m-wallets)
Adalah teknologi yang memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan pembelian dengan hanya memencet satu tombol di perangkat nirkabel mereka. Salah satu contohnya adalah Nokia wallet. Aplikasi ini menyimpan data seperti kode kartu kredit, dan bisa mengesahkan pembelian secara digital.
·Wireless Bill Payments
Beberapa perusahaan kini menyediakan layanan pembayaran tagihan via ponsel. Ada sistem yang disebut dengan smartpay system. Sistem ini membantu pembayaran hanya dengan memasukan kode rahasia untuk mengesahkan pembayaran dari bank
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H