Mohon tunggu...
Raihan Fakhrullah
Raihan Fakhrullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah seorang mahasiswa yang ingin menjadi seorang penulis yang profesional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bantu UMKM, Sekelompok Mahasiswa UM Lakukan Promosi Digital

18 Oktober 2022   21:37 Diperbarui: 18 Oktober 2022   21:47 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tanggal 14 Oktober 2022, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang beranggotakan 4 orang, yaitu Anggita, Leony, Raihan, dan Shaila membantu salah satu pelaku umkm untuk mempromosikan usaha lewat media digital. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah umum Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn), adapun tugas yang dimaksud adalah tugas mini proyek pengabdian masyarakat.

Target UMKM yang terpilih berlokasi di dekat kampus Universitas Negeri Malang (UM), tepatnya di daerah Ambarawa, UMKM yang dipromosikan oleh sekelompok mahasiswa tersebut yaitu Pisang Geprek 5758 (Maju Mapan). Adapun pelaku usaha tersebut bernama Yoyon Suryono. Pak Yoyon mengaku bahwa dia baru saja membuka usaha pisang geprek sekitar bulan September kemarin, bisa dibilang baru 1 bulan membuka usaha. 

Hal ini di latar belakangi oleh adanya pandemi yang membuat Pak Yoyon banting setir untuk membuka usaha pisang geprek tersebut. Sebelum membuka usaha pisang geprek Pak Yoyon menjual salad buah, tetapi melihat peluang yang sangat kecil jadi dia berganti untuk lebih memilih menjual pisang geprek. Hal ini juga dikarenakan pisang geprek masih belum memiliki banyak pesaing di kota Malang,jadi  memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil.

dokpri
dokpri

Mengenai promosi digital, lewat Instagram misalnya, Pak Yoyon mengaku belum memiliki akun Instagram dan belum tahu cara untuk mempromosikan usaha yang dimilikinya lewat media digital tersebut. Selama ini Pak Yoyon hanya melakukan promosi lewat WhatsApp saja. Karena belum memiliki akun Instagram , sekelompok mahasiswa UM membuat akun Instagram untuk usaha pisang geprek Pak Yoyon, mereka juga membantu promosi dengan cara mengupload video promosi pisang geprek 5758 pada akun media sosial mereka masing-masing.

dokpri
dokpri

Maka target pasar yang dituju tentunya  seluruh mahasiswa UM serta masyarakat umum yang tinggal di sekitar kampus UM.Hal ini jelas akan memberikan dampak yang sangat besar  pada tingkat keramaian usaha ini.Karena dapat dikatakan bahwa lokasi usaha ini sangat strategis.Selain dekat dengan kampus,lokasi nya berada pada daerah yang banyak dikunjungi mahasiswa khususnya untuk membeli makan.

Adapun jika promosi digital yang mereka lakukan berhasil membuat UMKM milik Pak Yoyon ramai pembeli, Pak Yoyon akan berinisiatif untuk menambahkan Pisang Geprek 5758 pada platform digital lainnya, seperti GoFood dan ShopeeFood.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun