Kuliah Kerja Nyata (KKN) 174 Pekan Kuala telah melaksanakan program kerja mengajar di SDN 050599 dan MIS Nurul Hidayah Ummi selama tiga minggu berturut-turut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat dan dedikasi penuh oleh para mahasiswa, yang bergiliran mengajar tiga kali dalam seminggu sesuai dengan jadwal yang telah disusun sebelumnya.
Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dari KelompokKegiatan mengajar ini merupakan salah satu program kerja utama dari KKN 174 Pekan Kuala yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di dua sekolah dasar tersebut. Dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengajar, program ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa, serta mendorong motivasi belajar mereka.
Selama tiga minggu pelaksanaan program ini, mahasiswa KKN 174 Pekan Kuala membagi diri ke dalam kelompok-kelompok kecil yang masing-masing bertugas untuk mengajar secara bergantian di SDN 050599 dan MIS Nurul Hidayah Ummi. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk memberikan materi pelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Kegiatan mengajar dimulai dengan persiapan materi pelajaran yang meliputi berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Agama Islam, dan keterampilan lainnya yang relevan. Mahasiswa menggunakan berbagai metode pembelajaran yang inovatif, seperti pembelajaran berbasis permainan, diskusi kelompok, dan penggunaan media audio-visual untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Pada setiap hari pelaksanaan, mahasiswa tiba di sekolah sebelum waktu mulai pembelajaran untuk memastikan semua persiapan berjalan dengan lancar. Mereka berkoordinasi dengan guru-guru setempat untuk menyesuaikan materi dan metode pengajaran yang akan digunakan, serta mengatur jadwal kegiatan selama hari itu. Setelah semua persiapan selesai, para mahasiswa memulai sesi mengajar dengan semangat dan antusiasme.
Interaksi antara mahasiswa dan siswa berlangsung sangat baik. Para siswa tampak antusias mengikuti pelajaran, berpartisipasi aktif dalam diskusi, dan menunjukkan minat yang tinggi dalam setiap kegiatan. Dalam beberapa kesempatan, mahasiswa juga melakukan pendekatan yang lebih personal dengan memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam memahami materi pelajaran.
Kegiatan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa KKN 174 Pekan Kuala ini mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak, termasuk guru, siswa, dan orang tua. Para guru di SDN 050599 dan MIS Nurul Hidayah Ummi menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif ini, karena memberikan variasi dalam metode pengajaran yang selama ini mereka gunakan. Mereka juga merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa yang mampu memberikan perspektif baru dalam cara penyampaian materi kepada siswa.
Siswa-siswa di kedua sekolah juga merasakan manfaat besar dari kegiatan ini. Mereka mengaku sangat menikmati metode pengajaran yang kreatif dan menarik, yang berbeda dari kegiatan belajar-mengajar sehari-hari. Beberapa siswa menyatakan bahwa mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar karena suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan. Kegiatan seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok tidak hanya membuat mereka lebih aktif tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan.
Para orang tua siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Mereka mengapresiasi upaya para mahasiswa dalam memberikan pengalaman belajar yang berkualitas kepada anak-anak mereka. Banyak di antara mereka berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan di masa mendatang, karena dampak positifnya yang dirasakan langsung oleh anak-anak mereka.
Selama tiga minggu pelaksanaan kegiatan mengajar ini, mahasiswa KKN 174 Pekan Kuala secara rutin melakukan evaluasi terhadap metode dan materi pembelajaran yang digunakan. Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap sesi pembelajaran dapat berjalan efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis partisipasi aktif siswa terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Para mahasiswa juga menemukan bahwa variasi metode, seperti penggunaan media audio-visual dan permainan edukatif, dapat membantu memperjelas konsep-konsep yang sulit dipahami oleh siswa.