Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan untuk memudahkan disingkat P5. P5 memuat enam profil elemen baik dimulai dari beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; berkebhinnekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif. Kegiatan projek yang akan di laksanakan oleh guru harus didesain menuju penguatan itu (P5).
Selain enam profil pelajar Pancasila, Kurma juga menelurkan tujuh tema projek yang akan menjadi target kegiatan pembelajaran projek yang didesain guru.
Ruh dari kegiatan projek ini adalah mengelaborasi pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan banyak kecerdasan siswa dalam mengembangkan ide, gagasan, dan kreasi yang bersumber dari konsep kognitif yang dikuasai dalam berbentuk lisan atau tulisan sehingga timbul kepercayaan diri akan kemampuan dan eksistensinya sebagai peserta didik yang sedang belajar.
Pengalaman membuat dan melaksanakan kegiatan yang setiap tahun dikerjakan oleh guru yang sudah menjadi program rutin sekolah dapat dijadikan kegiatan Projek Kurma dan guru tinggal menstruktur ulang konten pembelajarannya menuju tujuh tema-tema profil pelajar Pancasila.
Dan tugas penting dari guru ialah kolaborasi dengan guru-guru yang lain menjadi tim work pelaksana kegiatan projek, sehingga projek dapat dilaksanakan dengan ringan dan tidak memberatkan.
Pelaksanaan projek tidak lepas dari kegiatan mendesain pembelajaran projek itu sendiri yang dimulai dari merancang, melaksanakan, menilai, mengevaluasi dan membuat laporan hasil pembelajaran (raport). Dan setelah Projek  dilaksanakan, pada diri peserta didik akan tumbuh  jiwa yang pancasilais yang disebut "Profil Pancasila, kalau di Muhammadiyah insya Allah jadi Profil Pelajar Muhammadiyah berjiwa Pancasilais".
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI