Mohon tunggu...
Iman Suligi
Iman Suligi Mohon Tunggu... Administrasi - pensiunan guru

guru, pustakawan, berkebun, membaca, musik.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Facebook Lebih "Alert" Ketimbang Instansi

8 Februari 2012   08:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:55 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Mencari data lewat telepon ke instansi lebih banyak dituntut birokrasi ketimbang informasi, akhirnya cuma bikin frustrasi. Barangkali tidak selalu begitu dan tidak pada semua instansi demikian.  Hanya saja pengalaman saya menunjukkan hal yang demikian itu acap terjadi. Contoh saja, untuk mendapat informasi berapa ketinggian kota dari permukaan laut, jumlah penduduk kota berdasar data terakhir, atau apa saja yang terkait institusi yang relevan, selalu saja kita tak bisa berharap layanan yang memuaskan.

Pertama, penjaga telepon instansi umumnya berbeda dengan etos resepsionis lembaga bisnis seperti bank, hotel yang sudah memiliki dan terlatih dalam "telephone courtesy". Kedua, menerima telepon di instansi menjadi pekerjaan sambilan dan umunya tanpa dilengkapi info/data yang siap atau bisa diakses seketika dengan menyediakan komputer di sampingnya. Ketiga, mental birokratis . kalau perlu ya datang kesini dong atau ngapain susah-susah.

Saya suatu saat mencoba menelpon instansi terkait data yang saya perlukan utk sebuah artikel yang sedang saya tulis. Beberapa kantor yang saya kontak saya hubungi, beragam pula cara menjawabnya. Ada yang berteriak memanggil temannya, ada yang meminta saya datang ke kantornya, ada yang bingung. Lalu saya coba mengandalkan pengalaman empirik saja bahwa data ketinggian tempat sebetulnya justru sudah terpampang di setiap setasiun Kereta Api jadi tak perlu bertanya ke Dinas Meteorologi, atau BPS, atau lainnya.

Nah, pengalaman saya ini justru unik dan nyata. Beberapa waktu lalu saya akan melakukan tour bersama rombongan ke Surabaya sementara TV memberitakan ada banjir di Pasuruan. Karena harus berangkat malam pukul 12 tentu saya harus memastikan kondisi jalan di daerah Pasuruan yang rawan banjir. Di tengah kebingungan akan bertanya ke mana ( DLLAJR, terminal, meteorolgi  yg mungkin kantornya tutup), tiba-tiba timbul ide menanyakan hal itu lewat memasang status di facebook.

Luarbiasa, dalam sekejap saya mendapat jawaban yang valid dan menyenangkan.

Agar tidak sekedar menebar wacana ada usulan sederhana, setiap instansi yang langsung berkaitan dengan publik seyogyanya mempunyai resepsionis yang khusus menerima telepon dan melengkapinya dengan komputer yang siap dengan data/informasi yang biasa diminta publik. Jangan lupa bekali mereka dengan " telephone courtesy".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun