Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Itu Valve dan Fungsi Mekanismenya?

14 Februari 2023   08:28 Diperbarui: 14 Februari 2023   08:32 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa Itu valve dan fungsi mekanismenya ...? yuk kita cari tahu mengenai apa itu valve atau sering di sebut dengan katup untuk katup sendiri ada dua macam pertama adalah katup masuk atauIN dan katup buang atau katup EX 

kedua katup memiliki perannya masing masing sebelum kita lebih lanjut bahas akan saya jelaskan dahulu apa itu katup ini adalah satu kesatuan sistim yang berfungsi sebagai pintu masuk dari percampuran bahan bakar dan udara yang tercampur homogen di dalam karburator 

tanpa adanya katup bagaimana terjadinya sistim pembakaran di dalam kendaraan ibaratkan rumah jika tidak ada pintunya bagaimana kita bisa masuk dan bagaimana bisa keluar 

nah pada sistim pembakaran di butuhkan yang namanya valve atau kelep yang berfungsi untuk membuka dan menutup udara dan bahan bakar supaya terjadi pembakaran yang optimal jika kendaraan terasa loyo dan tidak bertenaga itu juga bisa di sebabkan oleh kebocoran yang mungkin terjadi pada katup

lalu bagaimana sistim kerja katup ini bekerja bisa kita ilustrasikan ketika kita ke Mall kita akan masuk kedalamnya otomatis ada pintu besar di depan yang akan secara otomatis terbuka ketika kita akan masuk nah apakah ada mahluk halus yang membukakan pintu kita sehingga bisa terbuka 

oh tentu tidak sodara sodara pintu itu terbuka karena ada sensor panas yang mendeteksi keberadaan benda atau mahluk hidup yang menghalaginya dengan program open ketika ada gerakan begitu juga mekanisme buka tutup pada katup itu sendiri di gerakan oleh adanya tonjokan pada canshaft yang di putar oleh rantai 

dan otomatis akan membuka klep in dan mengalirkan udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar adapun katup EX atau katup buang berfungsi untuk membuka ruangan hasil pembakaran yang berisi carbon sisa hasil pembakaran yang akan menuju kenalpot yang selanjutnya akan terbuang ke udara luar 

berupa asap hasil pembakaran next akan kita bahas yah megenai jenis jenis mekanisme katup ada yang berjenis OHV dan OHC DOHC semoga bisa menambah pengetahuan seputar katup silahkan jika ada pertanyaan seputar otomotif yuk mari kita shering 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun