Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Fungsi Termostat dan Bagaimana Cara Kerjanya

11 Februari 2023   10:00 Diperbarui: 11 Februari 2023   10:01 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Radiator merupakan komponen pendingin pada kendaraan ketika radiator terganggu maka performa pada kendaraan juga akan bermasalah hal ini yang pastinya harus di hindari 

komponen yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah komponen yang tidak kalah pentingnya yaitu termostat apa itu termostat dan apa kegunanaya yuk kita bahas 

termostat secara garis besar memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi air pada kendaraan untuk mendinginkan panas yang di timbulkan sehingga tidak overhead 

walupun kecil ukuranya tapi dampak yang di hasilkan cukup besar dan akan lebih terasa ketika komponen ini tidak bekerja dengan optimal 

komponen termostat pada umumnya terdapat dua logam yang memiliki fungsi masing masing yaitu katup open dan katup close yang mengendalikan air panas dan kotor pada ruang pembakaran 

Cara kerja termostat 

Apa sih termostat itu mungkin sebagian sudah tahu apa itu termostat tapi bagaimana cara kerjanya mungkin masih sedikit yang tahu bagaimana cara kerjanya 

pada dasarnya komponen termostat ini mengikuti cara kerja komponen lain yang ada pada komponen radiator yang berputar dari engin mesin menghasilkan putaran untuk menggerakan waterpump dan mendorong air bersirkulasi ke seluruh saluran air pada mesin 

setelah waterpump memompa air menuju waterjacket dan akan menyerap panas pada prosess pembakaran yang terjadi pada ruang bakar sehingga mesin terjaga kondisi panasnya dan dapat bekerja optimal 

pada saat kondisi mesin sudaah menunjukan temperatur 85 - 95 derajat celcius maka katup pada termostat akan open maka ketika suhu sudah menunjukan normal maka termostat akan close dan katup ini akan secara otomatis tanpa kita perlu mengontrolnya 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun