Apa sih yang di maksud dengan istilah tune-up itu sendiri bisa di katakan mengembalikan performa mesin agar lebih optimal nah untuk kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tune up di episode sebelumnyaÂ
pada kesempatan lalu sedikit sudah saya bahas untuk mengenal seperti saringan udara bagaimana fungsinya dan pastinya komponen karburator atau trotelbody tegangan batraiÂ
selanjutnya akan kita bahas adalah katup mesin pada kendaraan yuk kita cari tahu apa fungsinya dan kegunaanya dan kenapa katup mesin juga masuk kedalam tune up
untuk yang di namakan katup mesin berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan udara dari trotel atau karburator menuju kedalam ruang bakar yang selanjutnya akan terjadilah prosess bahan bakar dan udara tercampur dan terbakar di dalam camber yang akan mengakibatkanÂ
terjadinya siklus otomotif yang sering di sebut siklus 4 tak yaitu langkah hisab usaha kerja dan buang nanti akan kita bahas pada kesempatan berikutnya ok kembali lagi ke katup mesin mengapa perlu untuk di lakukan tune-up karena sesuai dengan penggunaan waktunyaÂ
katup akan bekerja kurang optimal di karenakan hasil pembakaran tadi akan mengakibatkan perubahan bentuk atau detorasi dan perubahan temperatur yang akan merubah dudukan kelep jika kita menggunakan bahan bakar dengan RO rendah maka akan meninggalkan karbonÂ
nah karbon ini yang akan menghambat kinerja pada katup maka perlu di lakukan sekir katup agar performa kerja pada katup dapat lebih optimal lagi dan selanjutnya di katup itu ada dua yah katup in atau masuk dan katup ex katup keluar itu memiliki masing masin tugas nex akan kita bahas lagiÂ
trimakasihÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H