Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mengenal Istilah Tune-up Mobil dan Apa Saja Komponennya

6 Februari 2023   08:28 Diperbarui: 6 Februari 2023   08:27 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa sih yang di maksud dengan istilah tune-up itu sendiri bisa di katakan mengembalikan performa mesin agar lebih optimal nah untuk kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tune up di episode sebelumnya 

pada kesempatan lalu sedikit sudah saya bahas untuk mengenal seperti saringan udara bagaimana fungsinya dan pastinya komponen karburator atau trotelbody tegangan batrai 

selanjutnya akan kita bahas adalah katup mesin pada kendaraan yuk kita cari tahu apa fungsinya dan kegunaanya dan kenapa katup mesin juga masuk kedalam tune up

KATUP MESIN 

untuk yang di namakan katup mesin berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan udara dari trotel atau karburator menuju kedalam ruang bakar yang selanjutnya akan terjadilah prosess bahan bakar dan udara tercampur dan terbakar di dalam camber yang akan mengakibatkan 

terjadinya siklus otomotif yang sering di sebut siklus 4 tak yaitu langkah hisab usaha kerja dan buang nanti akan kita bahas pada kesempatan berikutnya ok kembali lagi ke katup mesin mengapa perlu untuk di lakukan tune-up karena sesuai dengan penggunaan waktunya 

katup akan bekerja kurang optimal di karenakan hasil pembakaran tadi akan mengakibatkan perubahan bentuk atau detorasi dan perubahan temperatur yang akan merubah dudukan kelep jika kita menggunakan bahan bakar dengan RO rendah maka akan meninggalkan karbon 

nah karbon ini yang akan menghambat kinerja pada katup maka perlu di lakukan sekir katup agar performa kerja pada katup dapat lebih optimal lagi dan selanjutnya di katup itu ada dua yah katup in atau masuk dan katup ex katup keluar itu memiliki masing masin tugas nex akan kita bahas lagi 

trimakasih 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun