Yuk mulai kita cek kondisi motor kita apakah masih normal performanya atau perlu untuk di perbaiki , untuk kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas apa saja sih yang perlu di perhatkan ketika kita memiliki kendaraan bermotor khususnya motor injection , mungkin dari kita sudah cukup familiar menggunakan motor dari anak sd smp smk mau kecil besar dewasa sampai yang tuaÂ
Akan tetapi pasti masih sedikit yang tahu bagaimana melakukan perawatan motor injection yang baik dan benar , di karenakan motor yang cukup sama antara motor konfensional dengan motor injection tetapi sebenarnya berbeda loh yuk kita simak apa saja perbedaan yang mendasarÂ
Adapun motor injection sebenarnya cukup mudah asal kita mau sedikit membaca manual book yang kadang di berikan ketika kita membeli motor baru hanya saja untuk sistim bahan bakarnya saja yang berbeda dan perlu perhatian khusus yuk ketahui sedikit mengenai apa saja yang harus kita perhatikan ketika memiliki motor type injectionalÂ
Pertama kita harus perhatikan adalah pada area bahan bakar yaitu konsumsi bahan bakar di sarankan menggunkan bahanbakar dengan oktan 92 atau pertamax karena cukup bersih tidak boleh kotor pada ruang pembakaran karena cara kerjanya yang cukup komplex maka ketika kita menggunakan bahan bakar dengan oktan 89 maka hasil pembakaran akan kurang maximal dan sangat menggangu performa kendaraanÂ
Yang ke dua yang perlu di perhatikan ketika kita memiliki motor type injection adalah jaga jangan sampai bahan bakar di tanki bahan bakar habis bisa kita pantau pada indikator jangan sampai habis yah , kebiasaan nin kadang kita lupa isi hingga motor sampai mati karena kita lupa isi bensin hal ini sangat bahaya di karenakan pada area tanki bahan bakar di dalamnya ada komponen fuel pum yang berguna untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakarÂ
Jika sampai telat atau bahan bakar habis lalu apa yang di pompa oleh fule pump yang di pompakan sehingga kemungkinan rusak sangat tinggi dan jika rusak maka akan menggangu performa pada ecu atau otak pada sistim injectionÂ
Adapun yang ke tiga yang pelu di perhatikan adalah pada area indikator dasbord khusus motor injection ada komponen yang cukup berbeda di banding motor konfensional yah , kalau di motor nkonvensional ada indikator bahan bakar ,kecepatan , jarak ,indikator lampu jauh lampu sen dan untuk motor bebek biasanya ada indikator percepatan gigi rasio satu dua tiga empat , tapi di motor injection ada sedikit indikator yaitu mil atau indikator malfunction kode kerusakan yang berwarna kuning gambar mesin
Perlu di perhatiakan biasanya ada kedipan yang terjadi ketika pertama kali kita nyalakan kedip sekali lalu mati itu normal akan tatapi ketika kunci kontak kita on kedip sekali dan ada kedipan selanjutnya maka bisa di pastikan ada kendala yang nanti insyallah akan kita bahas yah untuk jenis kode kerusakan dan bagaimana mengatasi next yah.
Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga menambah keilmuan seputar edukasi motor injection dan mesin motor konvensionalÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H