Mohon tunggu...
Kazena Krista
Kazena Krista Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Fotografer

Best in Opinion Nominee Kompasiana Award 2021

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Catatan Ringan Perjalanan Proses Menulis: Seni Memahami Kehidupan yang Dinamis

28 Juli 2024   03:29 Diperbarui: 28 Juli 2024   03:46 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi proses menulis. (Foto oleh Julia M Cameron| Sumber Pexel

Membacalah agar mengenal dunia lalu menulislah agar lebih memahami diri sendiri.

Selama perjalanan menulis, bukan barang sekali atau dua kali saya memandang "aneh" tulisan-tulisan yang sudah pernah saya tulis. Tak jarang jidat saya berkerut, pelipis saya urut-urut. 

Kok jadinya begini ya?

Tapi, pada akhirnya, saya baca ulang, saya koreksi, saya sunting ulang pula. Selanjutnya, saya kirimkan ke media atau posting saja kemudian lupakan dan tugas pun selesai. Tinggal menunggu umpan balik.

***

Mari sepakati, setiap buku yang  dibaca, setiap harmonisasi lagu yang didengar, setiap film yang ditonton di bioskop—dan beberapa bentuk yang menawarkan kesenangan pada otak  adalah buah pikir dan buah perasaan seseorang. Ide itu dituangkan, disusun satu persatu-satu; diterjemahkan dengan caranya sendiri-sendiri. 

Baca juga: Dalam Berkarya Semua Orang Punya Formula, Ini Satu di Antaranya

Kali ini, saya ingin mengajak pembaca mengulik cerita—sangat—ringan serta singkat dari proses menulis saya selama ini. 

***

Menulis ya menulis saja dulu, begitu pikir saya tiap kali memulai sebuah tulisan, sekalipun itu hanya jurnal harian. 

Tunggu dulu, "hanya"?

Seharusnya tidak ada kata itu; 

jurnal harian adalah penting!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun