Kayla Elfreda

22107030031 UIN Sunan Kalijaga

Pantai Greweng, Trekking Sejam dengan Pesona Indahnya yang Tersembunyi

20 Mei 2023   10:25 Diperbarui: 20 Mei 2023   10:28 719

Pantai Greweng merupakan sebuah pantai kecil yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Sebelumnya, pernahkah kompasianer mendengar nama pantai ini? jika belum cukup wajar memang. Dikarenakan memang belum banyak promosi tentang pantai greweng.

Tempat wisata Jogja memang seperti tak ada habisnya memberikan sejuta potensi yang dimilikinya. Salah satu daerah Jogja yaitu Gunung Kidul yang telah terkenal memiliki beberapa deretan nama-nama pantai yang sudah cukup populer, seperti Pantai Baron, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini hingga Pantai Wediombo yang terkenal memiliki sebuah laguna yang sering disebut dengan Laguna Wediombo, kemudian masih banyak lagi pantai di Jogja yang indah lainnya.

Namun kali ini mari kita menengok sebuah pantai unik bernama Pantai Greweng, pantai ini sangat cocok bagi kompasianr yang memiliki kegemaran akan kegiatan outdoor. Mengunjungi pantai greweng, kita akan mendapatkan sebuah paket liburan lengkap yang terdiri dari trekking/berjalan kaki menyusuri sawah, kebun hingga hutan menuju lokasi pantai, dan setelah berada di kawasan pantai kita dapat berkemah/camping bersama para sahabat. Sangat seru bukan? maka rasanya tak salah memasukkan pantai greweng masuk sebagai destinasi wisata pantai di Gunung Kidul yang patut untuk dikunjungi.

Source : Dokumen Pribadi

Pantai Greweng terletak memang berdekatan dengan Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok, atau tepatnya di Desa Jepitu, Giri Subo, Gunung Kidul. Jika berkendara dari Jogja arahkan kendaraan menuju Wonosarin (pusat kota Gunung Kidul).

Jika telah telah sampai di lokasi Pantai Wediombo, kita dapat memarkirkan kendaraan disana, dan dari titik start ini mulailah perjalanan trekking menuju wisata Pantai Greweng dengan menyusuri jalur setapak disebelah parkiran atas Pantai Wediombo.

Tekstur jalan yang akan ditempuh berupa jalanan berbatu hingga menuju lokasi Pantai Jungwok, dengan total jarak sekitar 2 Km menuju Pantai Greweng. Ikuti jalan tersebut dan belok kiri lalu belok kanan. Dari jalan setapak yang dilalui nantinya akan terdapat beberapa persimpangan jalan setapak, yang akan melewati beberapa area persawahan milik warga sekitar. Setelah itu berjalan terus hingga menemukan persimpangan kedua dan ambilah arah kiri terus ikuti jalan tersebut, hingga menemukan persimpangan ketiga dan belok kiri kembali. Jika kompasianer merasa bingung, tak perlu sungkan dapat bertanya pada para petani.

source : Dokumen Pribadi

Dalam seperjalanan akan melewati bukit dan terdapat beberapa titik yang terdapat tebing bebatuan yang cukup tinggi disisi kanan jalur. Batu-batu tersebut berbentuk menumpuk antara satu dengan lain, hingga terbentuklah beberapa celah bebatuan yang secara sepintas seperti layaknya sebuah goa.

Untuk mata air pertama yang terletak disisi selatan, biasanya masyarakat sekitar sering menggunakannya untuk kegiatan mandi dan lainnya. Kemudian untuk mata air disisi utara, dapat kamu gunakan untuk keperluan minum. Tak terlalu jauh dari lokasi mata air tersebut pun sebenarnya terdapat sebuah jalan yang dapat digunakan untuk menuju lokasi pantai lainnya yaitu Pantai Sedahan.