Media sosial adalah sebuah media online yang mudah digunakan untuk berinteraksi, berbagi, dan menciptakan kategori besar media sosial meliputi blog, social networking, wiki, atau yang lainnya. Media sosial awal ditemukannya pada era 70-an, dimana terdapat sistem papan buletin yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui surat elektronik atau untuk mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Semua ini masih dilakukan dengan memanfaatkan saluran telepon yang terhubung. Namun, kini media sosial semakin berkembang. Pada tahun 2002 mulai bermunculan media sosial dengan kelebihannya masing-masing. Media sosial diantaranya Instagram, WhatsApp, X, Youtube, Tiktok, LinkedIn, Facebook, dan sebagainya (Rafiq, 2020).
    Media sosial tidak hanya berguna untuk berkomunikasi jarak jauh atau berbagi informasi saja, media sosial juga bisa digunakan sebagai media promosi. Promosi adalah elemen penting dalam pemasaran produk agar konsumen tertarik dan terdorong untuk membeli. Oleh karena itu, promosi harus disusun dengan menarik dan menyajikan informasi yang mudah dipahami masyarakat, sehingga meningkatkan kemungkinan produk diterima dan diminati (Duan et al., 2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi karena pengguna media sosial kian membesar dan mempunyai keuntungan dalam berbagai kegiatan promosi seperti untuk menyampaikan informasi kepada konsumen tidak memerlukan biaya maupun tenaga, bahkan waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau banyak orang sangat cepat, khususnya Instagram (Puspitarini & Nuraeni, 2019).
    Media sosial Instagram saat ini banyak digunakan pembisnis sebagai wadah promosi mereka. Keunggulan Instagram selain meningkatkan interaksi antara pemilik usaha dan konsumen adalah konsumen tidak perlu datang ke toko, tetapi dapat memesan suatu produk melalui Instagram (Agustiin et al., 2023). Fitur yang dimiliki Instagram, seperti postingan, postingan reels, Instagram story, menambah keefektifan pembisnis dalam memasarkan produknya lebih kreatif dan inovatif.
Daftar Pustaka
Agustiin, S. N., Puspitasari, S. A., Sandi, S. P. H., & Hidayaty, D. E. (2023). Manfaat media sosial instagram sebagai wadah promosi pada yuustories florist di Karawang. Marketgram Journal, 1(2), 122–129.
Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23710.128-136
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H