Air mineral AQUA adalah merk air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh AQUA Grup sejak tahun 1973. Penulis akan menganalisis Komunikasi Visual dalam iklan produk AQUA #AdaAQUA.
Teori Ferdinan De Saussure mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda dan setiap tanda tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda). Tanda merupakan suatu kesatuan dalam bentuk Penanda dengan sebuah ide atau petanda. Dengan kata lain penanda adalah bunyi yang bunyi yang bermakna atau coretan yang bermakna. Penanda adalah aspek material dari bahasa, sedangkan Petanda adalah gambaran mental, pikiran atau konsep.
Tanda (sign) : dua orang pria sedang berboncengan masuk keminimarket.
Penanda (signifier) :
Aqua” kemudian temannya menjawab “Nanti Aja”.
Petanda (signified) : dua orang pria sedang berboncengan masuk ke minimarket, kemuadian salah satu pria membuka lemari pendingin dan menawarkan sebotol air sambil berkata “MauTanda (sign) : seorang pria keluar dari pintu market dan menaiki motor.
Penanda (signifier) :
Petanda (signified) : seorang pria keluar dari mini market, kemudian menepuk pundak temannya sambil berkata “Yuk Jalan”.