Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Penulis - Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik ... dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

2121, Bukan Angka Hoki Tapi Sungguh Berarti!

31 Maret 2010   17:58 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:04 1554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Setiap angka  punya maknanya tersendiri, tergantung bagaimana memaknainya sebagai pedoman kehidupan dan untuk memotivasi diri... [caption id="attachment_107567" align="alignleft" width="300" caption="yaqien.blogspot.com/"][/caption] Pak Bob Sadino ternyata adalah penyuka angka 2121 , seperti yang dituturkannya pada Kompas cetak edisi Minggu (28/3) . Yang katanya adalah misteri baginya. Hanya sekedar suka atau memang angka hoki dan makna lain, sayang beliau tidak bersedia mengungkapkannya secara terang.

Secara diam-diam saya sendiri adalah penyuka angka 2121 selama ini yang belum diketahui umum . Namanya juga rahasia ! Lagipula untuk apa diketahui umum , karena saya kan bukan orang terkenal yang segalanya perlu diketahui media .

Entah mengapa sejak adanya cerita tentang Wiro Sableng yang terkenal dengan kampak 212-nya. Saya juga mulai menyukai angka tersebut , tetapi ada penambahan satu angka satu lagi jadilah angka 2121 . Mengapa bukan 1212 ? Sekali lagi, entahlah ! Hanya terasa pas dan cocok saja dengan angka itu.

Didalam ketidaktahuan saya, dari misteri angka 2121 terbersit sedikit makna kehidupan yang penting bagi saya .

Saya selalu ingat , bahwa kelahiran saya kedunia ini karena adanya dua insan yang saling mencintai . Adanya saya hari ini adalah karena adanya kedua orangtua yang menyatukan perasaannya. Saya yang satu ini harus selalu ingat akan kebaikan mereka sepanjang hidup ini tentunya .

Makna lain adalah bahwa pada diri saya yang bila dilihat dengan kasat mata ini adalah satu makhluk , sesungguhnya terdiri dari dua makhluk . Yakni , badan kasar dan badan rohani . Makhluk dalam bentuk tubuh manusia dan makhluk dalam tubuh spiritual . Dari keduanya ini hanya ada satu makhluk yang sejati , yaitu yang bernama roh atau makhluk spiritual itu.

Jangan mendua , tetapi harus teguh dengan menyatu dalam hati nurani , maka jalan hidup akan dibenarkan . Karena kita manusia seringkali kali terperangkap mendua dalam menjalani hidupnya , antara pikiran dan hati. Terlalu mendua antara keduniawian dan kerohanian . Selalu dalam kebimbangan . Itulah awal timbulnya kekacauan hidup manusia saat ini.

Ini hanyalah sedikit makna dari memahami misteri angka 2121 , dan saya percaya ada yang lebih baik memahami misteri angka ini . Tolong cerahkan saya yang masih diliputi kegelapan ini .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun