Mohon tunggu...
tireehh
tireehh Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Antisipasi Dampak IPTEK

19 April 2015   17:02 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:55 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di satu sisi memang berdampak positif, yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern industry, komunikasi, dan transportasi, misalnya terbukti amat bermanfaat. Tapi di sisi lain, tak jarang juga IPTEK berdampak negative karena merugikan dan membahayakan kehidupan dan martabat manusia.

Salah satu upaya menanggulangi pengaruh keadaan zaman yang seperti sekarang ini adalah dimulai dari keluarga, bagaimana pendekatan orang tua dengan anak dan kedekatan anak dengan orang tua. Banyak anak yang tidak suka kegiatannya diperhatikan oleh orang tuanya, disini peran aktif orang tua untuk mencari cara mendekati anaknya sehingga bisa mengontrol anak-anak nya.

Menurut RS Mitra Keluarga Surabaya tahap pengenalan gadget pada anak dapat berdasarkan usia.

-Usia 2 s/d 4 tahun : anak anak yang memulai berinteraksi dengan computer harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa. Hal tersebut bukan sekedar persoalan keselamatan anak, tetapi juga untuk meyakinkan bahwa anak tersebut bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara sang anak dengan orang tua

-Usia 4 s/d 7 tahun : anak-anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri. Dalam usia ini, orang tua harus mempertimbangkan untuk memberikan batasan-batasan situs yang boleh dikunjungi, berdasarkan pengamatan orang tua sebelumnya.

-Usia 7 s/d 10 tahun : dalam masa ini, anak-anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Inilah saatnya dimana tekanan pertemanan dan kelompok bermain menjadi dampak yang signifikan. Pada usia ini pulalah anak-anak mulai meminta kebebasan lebih banyak dari orangtua. Anak-anak memang harus didorong untuk melakukan eksplorasi sendiri, meskipun tidak berarti tanpa adanya partisipasi dari orangtua

-Usia 10 sd/ 12 tahun : pada usia 12 tahun anak-anak mulai mengasah kemampuan dan nalar berpikir mereka sehingga mereka akan membentuk nilai dan norma sendiri.

-Usia 12 s/d 14 tahun : inilah saat anak-anak mulai aktif menjalani kehidupan sosialnya. Masa ini merupakan masa yang tepat bagi orang tua untuk bercerita dan berbagi informasi tentang hal-hal seksual kepada anaknya.

-Usia 14 s/d 17 tahun : masa ini adalah masa yang paling menarik dan emnantanag dalam kehidupan seorang anak remaja dan orang tua. Seorang remaja akan mulai matang secara fisik, emosi dan intelektual.

Dampak negative gadget terhadap anak menurut RS Mitra Keluarga Surabaya

-Iptek berpotensi membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga menganggap bahwa apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final

-Berpotensi mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal

-Mengalami penurunan konsentrasi

-Mempengaruhi penurunan kemampuan menganalisa permasalahan

-Malas menulis dan membaca

-Penurunan dalam berinteraksi atu bersosialisasi secara internal maupun eksternal

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun