Mohon tunggu...
Kaslani ADB
Kaslani ADB Mohon Tunggu... Guru - Guru BK

Guru Bimbingan dan Konseling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Portofolio Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

30 April 2022   19:00 Diperbarui: 30 April 2022   19:04 9104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran di Luar Kelas Menumbuhkan Motivasi Belajar (Dok. pribadi)

Pelaksanaan aksi nyata modul 3.1.a.10 merupakan rangkaian dari kegiatan demonstrasi kontekstual yang telah disusun sebelumnya. Pada modul ini Calon Guru Penggerak (CGP) mempelajari tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran, selanjutnya CGP diminta untuk menyusun portofolio dengan model 4F (Fact, Feelings, Findings, Future). Berdasarkan rancangan aksi nyata yang telah dibuat sebelumnya, maka berikut ini portofolio aksi nyata modul 3.1.a.10 yang telah selesai saya susun.

Peristiwa (Fact)

Latar Belakang

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang masih dilaksanakan di SMK Negeri 1 Adiwerna masih menemui beberapa kendala, diantaranya kehadiran peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran daring yang masih terlalu lama sehingga siswa memiliki kelonggaran dalam pembelajaran. Guru dalam memberikan pembelajaran mengalami kesulitan karena rendahnya semangat dan pengetahuan siswa mengenai materi pembelajaran. Keadaan tersebut berpengaruh pula pada tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, sehingga menjadi salah satu alasan untuk tidak masuk sekolah. Selain itu, tingkat pendidikan karakter siswa yang mulai bergeser semenjak adanya pembelajaran daring, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku selama berada di sekolah ketika berinteraksi dengan siswa lain atau guru.

CGP Berkolaborasi dengan Wali Kelas dalam Menggali Informasi Siswa (Dok. pribadi)
CGP Berkolaborasi dengan Wali Kelas dalam Menggali Informasi Siswa (Dok. pribadi)
Identifikasi Permasalahan Siswa (Dok. pribadi)
Identifikasi Permasalahan Siswa (Dok. pribadi)

Alasan Melaksanakan Aksi

Berdasarkan latar belakang peristiwa di atas, jika diidentifikasi maka merupakan dilema etika, sekolah harus memiliki pilihan dalam menangani siswa yang mengalami keadaan tersebut akibat terlalu lamanya pembelajaran daring, agar tidak terjadi learning loss. Alasan melaksanakan aksi nyata ini karena adanya learning loss yang terjadi pada siswa salah satunya dalam bentuk penurunan capaian belajar siswa. Selain itu pelaksanaan pembelajaran daring berdampak pada menurunnya tingkat percaya diri dan karakter siswa sehingga dengan keadaan tersebut CGP melaksanakan aksi nyata dalam mendampingi siswa agar terentaskan dari masalahnya. Sehingga diperlukan kemampuan dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam penanganan siswa yang mengalami keadaan tersebut.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)

Pelaksanaan Home Visit sebagai bentuk Kolaborasi dengan Orang Tua Siswa (Dok. pribadi)
Pelaksanaan Home Visit sebagai bentuk Kolaborasi dengan Orang Tua Siswa (Dok. pribadi)

Hasil Aksi Nyata

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun