Mohon tunggu...
Siti Hajar
Siti Hajar Mohon Tunggu... Penulis - Novelis

Write for education and self healing

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rahasia Sembuh dari Jerawat

29 September 2022   15:46 Diperbarui: 29 September 2022   15:54 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: https://bobo.grid.id/

Hai girl ... siapa di sini yang jarang membersihkan wajah secara khusus? Cung!! Hi hi hi kita sama. 

Guys, saya bukanlah tipe perempuan yang rajin membersihkan wajah  secara khusus. Alasannya karena, saya jarang menggunakan make up dalam keseharian saya. Wajah saya sehari-hari hanya menggunakan minyak zaitun, cream vaseline dan thunder care dari brand oriflame. Apakah itu cukup? Cukup! Karena saya saat keluar rumah saya menutup seluruh wajah kecuali mata. Tidak seperti ninja sekali, alis dan dahi masih nampak, kok. Hi hi hi ....

Apa efek baik yang saya rasakan ketika semua anggota tubuh saya tertutup. Saya merasa kulit saya terlindungi karena jauh dari paparan sinar matahari. Makanya saya merasa tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, jika sesekali saya merasa harus menggunakan make up itu hanya karena saya ingin melakukannya untuk saya sendiri. Beruntung lagi pasangan saya tidak meminta saya untuk mengunakan riasan wajah. "Tanpa menggunakan apa pun, kamu sudah cantik, kok." Olalaaa ...  ini yang membuat saya tidak perlu berbelanja bahan kosmetik. 

Nah, apa yang saya lakukan saat melakukan pembersihan wajah, setelah menggunakan make up yang hanya sesekali itu. Saya merekomendasikan wardah lightening whip facial foam, yang bisa kalian dapatkan dengan mudah di mana saja, dari kota sampai ke desa, saya yakin itu. 

Cara mengaplikasikan produk tersebut adalah dengan memencet sedikit foam yang berwarna putih, kemudian taruh di kulit wajah yang telah dibasahi. Seterusnya pijat pelan sampai mengeluarkan banyak busa. Di sini kalian bisa menikmati pijatan yang dapat membuat pikiran tenang ditambah lagi aroma segar dari foam ini. Terus pijat kurang lebih 1-2 menit bilas dengan air sampai bersih. Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal di wajah. 

Setelah itu lap dengan handuk kering. Tepuk-tepuk seluruh wajah dengan lembut. Ini dilakukan untuk melancarkan peredarah darah di seluruh permukaan kulit wajah. Biasanya saya melakukan rutinitas ini pada malam hari, sebelum tidur. 

Saya beruntung memiliki kulit yang tidak rewel dengan produk-produk tertentu. Bagi teman-teman yang memiliki kulit sensitif, kalian harus benar-benar memilih produk yang sesuai dan cocok untuk jenis kulit kaliang masing-masing. Saran saya, bagi untuk yang memiliki kulit sensitif, bagusnya kalian mengurangi menggunakan produk kecantikan.

Saya memiliki pasangan dengan kulit wajah bekas jerawat parah. Dulu katanya, saat remaja tumbuh jerawat yang cukup banyak. Jerawatnya menjadi standar jerawat di kotanya, sangking parahnya. Ketika seseorang mengeluh dengan jerawatnya, mereka akan bertanya, "Apakah jerawatnya separah si Budy?" (Suami saya namanya Budy). Menurut pengakuannya jerawatnya teratasi setelah dia berhenti mencoba berbagai jenis dan merk obat jerawat dan pembersih wajah. Bahkan dia tidak lagi menggosok sabun mandi ke wajahnya. Alhamdulillah, sejak itu jerawatnya hilang, mereka pergi dan tak pernah kembali. Ini kisah nyata lho, guys. Kalian harus percaya. 

Nah, bagi kalian yang mungkin saat ini sedang pusing dengan masalah jerawat yang kalian hadapi, sepertinya boleh dicoba, nih! Coba untuk berhenti mengaplikasikan produk kecantikan apapun ke wajah kalian. Buang pembersih wajah yang kalian punya. Biarkan kulit mendetok dirinya sendiri.

Sementara itu kalian juga dapat mengatur ulang pola makan. Hindari makanan berlemak dan berminyak, minum lebih banyak air putih, tidur dan istirahat yang cukup serta yang paling penting adalah kurangi stress. 

Tenangkan diri kalian. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif. Semoga yang terjadi kepada kita semua karena Allah. Semua berjalan atas takdirNya. Tidak baik kalau seringkali menyalahkan diri kita sendiri. Maafkan diri kalian sendiri, dan berjanjilah untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Akhirnya semoga coretan ini bermanfaat untuk semuanya. 

Love our life.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun