"Review Jurnal Komunikasi Kesehatan"
Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun
Partisipasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19
Pada hakikatnya pembangunan kesehatan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan, dan keinginan untuk hidup sehat. Selain itu pembangunan kesehatan juga bertujuan sebagai investasi untuk hidup sehat. Namun dengan adanya pandemic covid-19 menyebabkan kebingungan dari semua sektor, salah satunya adalah sektor kesehatan. Sektor kesehatan di Indonesia terlihat belum siap dengan adanya pandemic ini dalam mengkomunikasikan covid-19 kepada masyarakat. Oleh karena itu, komunikasi kesehatan yang merupakan bagian dari komunikasi massal menjadi salah satu model komunikasi yang dapat menjembatani kepada masyarakat luas tentang kesehatan. Dimana komunikasi kesehatan merupakan upaya sistematis yang berdampak positif pada praktik kesehatan populasi besar. Komunikasi kesehatan dibutuhkan guna mengetahui model penanganan kesehatan masyarakat juga sebagai acuan untuk melakukan tindakan lanjut di masa pandemi ini.
Jurnal yang ditulis oleh Silvia Nevane Pramasari dan Adi Nugroho dengan judul " Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun Partisipasi pada Masa Pandemi Covid-19 " ini bertujuan untuk dapat menjembatani masyarakat luas tentang kesehatan dan difokuskan pada strategi komunikasi kesehatan dalam membangun partisipasi publik dimasa pandemi covid-19. Dalam hal ini, penulis menjelaskan bahwa sektor kesehatan di Indonesia terlihat belum siap dengan adanya pandemi ini dalam mengkomunikasikan virus covid-19 kepada masyarakat. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan.
Dalam hal ini, komunikasi kesehatan dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator terhadap komunikan di bidang kesehatan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam proses pelayanan. Dan dalam proses komunikasi ini pasti memiliki fungsi tersendiri supaya individu atau masyarakat dapat memahami informasi penting tentang kesehatan dan juga mengubah perilaku supaya sesuai dengan asas-asas kesehatan. Dimana peran komunikasi kesehatan adalah untuk meningkatkan kesadaran individu tentang masalah kesehatan, risiko kesehatan, dan solusi kesehatan atau pada intinya yaitu untuk memberikan pemahaman kepada individu dalam masyarakat tentang perilaku sehat. Apabila digunakan dengan benar, maka komunikasi kesehatan dapat mempengaruhi sikap, persepsi, kesadaran, pengetahuan, dan norma-norma sosial, yang semuanya berfungsi sebagai pendahulu perubahan perilaku.
Adapun hasil dan pembahasan dalam jurnal ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi kesehatan merupakan perpaduan antara perencanaan dan manajemen komunikasi yang dilakukan oleh organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan dari strategi yang dilaksanakan adalah mengelola dan mengatasi masalah kesehatan, yaitu berkaitan dengan krisis penyebaran virus covid-19. Strategi komunikasi kesehatan yang dapat dilakukan dalam menghadapi covid 19 di Indonesia yaitu :
- Komunikator dalam komunikasi kesehatan penanganan covid-19
- Komunikator memegang peran penting dalam komunikasi. Seorang komunikator harus memiliki faktor penting dalam komunikasi, faktor pertama adalah sumber daya Tarik yaitu dengan mampu menyampaikan sikap pendapat dan perilaku komunikan melalui mekanisme perubahan daya tarik. Faktor kedua, seorang komunikator harus berempati dalam berhubungan dengan komunikan.
- Komunikan dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19
- Dalam penyampaian informasi kesehatan, terdapat komunikan utama, yang perilakunya diharapkan dapat dipengaruhi melalui komunikasi kesehatan. Tetapi covid-19 ini dapat menjangkit kepada siapa saja, maka komuikan yang lain menjadi komunikan penting juga dalam upaya komunikasi kesehatan melawan covid-19.
- Pesan dalam komunikasi kesehatan di masa pandemi covid-19
- Dalam komunikasi kesehatan penanganan covid-19 ini, tujuan utamanya adalah bagaimana pesan tersebut tepat sasaran sehingga mampu dipahami dan dimengerti oleh masyarakat yang pada akhirnya mampu mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar hidup sehat dan terhindar dari virus ini.
- Media yang digunakan dalam komunikasi kesehatan masa pandemic
- Pemilihan media komunikasi kesehatan dalam penanganan covid-19 merupakan hal yang sangat penting, media berkaitan dengan bagaimana pesan kesehatan tentang penanganan covid-19 dapat mencapai sasaran dan diterima serta dipahami oleh masyarakat.
Berkaitan dengan Health Belief Model yang berhubungan dengan strategi komunikasi kesehatan dalam upaya membangun partisipasi publik pada masa pandemi covid-19 karena Health Belief Model digunakan untuk memprediksi perilaku kesehatan preventif dan juga respon perilaku pengobatan pasien dengan penyakit akut dan kronis, tetepai akhir-akhir ini Health Belief Model digunakan untuk memprediksi berbagai perilaku yang berhubungan dengan kesehatan. Health Belief Model memperkirakan perilaku sebagai hasil keyakinan atau kepercayaan yang merupakan persepsi individu terhadap kepercayaan tentang kerentanan terhadap penyakit, kepercayaan tentang keparahan penyakit, pengorbanan yang dikeluarkan untuk merubah perilakunya, persepsi tentang manfaat yang dirasakan jika berubah perilakunya, dan isyarat tanpa tindakan. Hal ini sangat berkaitan dengan jurnal yang sedang dibahas karena peran dari komunikasi kesehatan akan memberikan pengaruh kepada perilaku seseorang melalui strategi tertentu.
Referensi :
Paramasari, S. N., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan dalam Upaya Membangun Partisipasi Publik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal lensa mutiara komunikasi, 5(1), 123-132.
Rahmadiana, M. (2012). Komunikasi kesehatan: sebuah tinjauan. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 88-94.