Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik ”Benda-Benda di Sekitar Kita” melalui model pembelajaran Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas V Semester 2 SDN 1 Tegaldowo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas V Semester 2 SDN 1 Tegaldowo dengan kondisi awal hasil belajar tematik masih rendah.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning terhadap materi tematik ”Benda-Benda di Sekitar Kita”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar tematik ”Benda-Benda di Sekitar Kita” pada peserta didik Kelas V SDN 1 Tegaldowo telah dilaksanakan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan dalam setiap siklus. Berdasarkan catatan selama penerapan model pembelajaran Project Based Learning didapat perolehan pada pra siklus persentase ketuntasan hasil belajar 23% dengan rata-rata 61. Pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 59% dengan rata-rata 68. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 82% dengan rata-rata 77. Sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dengan persentase 100% dengan rata-rata 86.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H