Mohon tunggu...
Kartika Kariono
Kartika Kariono Mohon Tunggu... Pengacara - Ibu Rumah Tangga

Mengalir mengikuti kata hati dan buah pikiran

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Setiap Tahun Saya Mudik Gratis, Aman dan Nyaman, Kok

15 April 2023   22:01 Diperbarui: 15 April 2023   22:03 912
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jembatan Ampera (Dok. Pribadi)

Setiap jelang lebaran saya seringkali mendapat pertanyaan "Kapan mudik?, Mudik kemana?".

Jelas itu ditanyakan oleh orang-orang yang belum dekat dengan saya. Karena saya lahir, bersekolah, besar dan berkiprah di seputaran Kenten, Palembang. 

Sampai saat ini saya masih tinggal di rumah orang tua saya, dan mertua masih di satu kelurahan. Eh... itu saat menikah,ding. Karena pemekaran wilayah sekarang beda kelurahan. He..he...

Gak akan ada keributan mau berlebaran di rumah orang tua atau mertua buat kami. Karena memang gak berjauhan rumahnya.

Karena Ibuku anak tertua di keluarganya.  Saya dan suami jadi  "jago kandang", tempat berkumpulnya keluarga besar. Termasuk yang merantau.

Kalau lebaran, dipastikan rumah rame. Bahkan saya untuk pergi silaturahim ke rumah tetangga atau kolega ya di hari ke-tiga dan seterusnya atau ikut acara halal bil halal yang biasanya jadi ajang reuni teman-teman sekolah atau kolega yang sudah hendak pulang lagi ke tempat asal.

Undangan open house, mohon maaf akan saya lewati.

Kapan lagi kan orang miskin bisa sombong, dapat undangan openhouse malah ogah hadir karena membabu di rumah sendiri dari lebaran pertama sampai ketiga. He..he...

Fenomena Mudik Gratis

Selama tiga tahun mudik dibatasi. WAG saya sudah penuh antusiasme teman-teman yang sudah seru mengabarkan pulang ke Palembang.  Saya memang tidak tahu bagaimana rasanya menahan rindu lebih dari 1000 hari dengan kampung halaman dan keluarga di tanah kelahiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun