Mohon tunggu...
Karla Wulaniyati
Karla Wulaniyati Mohon Tunggu... Lainnya - Senang Membaca dan (Kadang-kadang) Menulis di karlawulaniyati.com

Let the beauty of what you love be what you do (Rumi)

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

6 Cara Agar Bisa Menjadi Penulis yang Pantang Menyerah

29 Mei 2019   14:40 Diperbarui: 29 Mei 2019   15:11 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://wallpapercave.com/ 

Judul artikel kali ini bukan pencapaian kepenulisan saya tetapi tujuan yang ingin saya incar. Saat orang lain sudah sampai pada menulis sebagai hal yang alami layaknya bernapas sedangkan saya masih bingung bagaimana cara agar bisa alami. 

Write until it becomes as natural as breathing. 

Apalagi bagi orang yang sudah menemukan jati diri dalam kegiatannya jika tidak menulis pasti akan merasa gelisah. Karena sejatinya kalau menurut Paulo Coelho,"Inti dari menulis adalah menemukan diri sendiri." Sayangnya saya pun masih jauh untuk tahapan ini.

Write until not writing makes you anxious. 

Walau pencapaian menulis saya belum jauh tetapi saya mendapat banyak pelajaran dari para Kompasianer tentang seluk beluk kepenulisan sehingga memberikan bahan bakar agar saya tidak berhenti menulis. Apalagi kalau artikel yang ditulis diapresiasi oleh Kompasianer sehingga memberikan mood buster agar saya selalu menulis seperti yang dilakukan pak Bobby dalam artikelnya.

Berdasarkan apa yang sudah saya baca di beberapa artikel kata kunci untuk menulis adalah lakukan saat ini. Maksudnya adalah menulis itu hal yang harus diwujudkan. Upaya untuk mewujudkannya adalah dengan menulis sekarang juga.

Sumber: https://pixabay.com 
Sumber: https://pixabay.com 

Start writing no matter what. The water doesn't flow  until the faucet  is turned on. (Lois L'Amour)

Ada hal yang bisa melatih diri agar bisa menjadi penulis yang tidak bisa dihentikan dan pantang menyerah berikut 6 diantaranya: 

 1. Tulislah ide apapun yang muncul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun