Mohon tunggu...
Karla Wulaniyati
Karla Wulaniyati Mohon Tunggu... Lainnya - Senang Membaca dan (Kadang-kadang) Menulis di karlawulaniyati.com

Let the beauty of what you love be what you do (Rumi)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tetap Mengumpulkan Receh di Tahun 2019

1 Januari 2019   11:49 Diperbarui: 1 Januari 2019   13:08 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini 1 Januari 2019. Ulang bulan pertama saya dengan Kompasiana. Happy anniversary to us, yeeaa. Harapannya saya akan terus menulis dan menayangkan artikel yang lebih baik ke depannya dan bisa bermanfaat walau sedikit dan sederhana untuk kompasianer.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang khas dilakukan menjelang awal tahun diantaranya banyak yang menuliskan atau membuat resolusi yang akan disasar untuk tahun menjelang. Tidak lupa mempersiapkan kegiatan untuk merayakan pergantian tahun yang dilalui bersama keluarga, teman,tetangga atau sendiri saja.

Saya dan keluarga tidak memiliki ritual merayakan sesuatu, bahkan untuk ulang tahun. Seringkali perayaan ulang tahun anggota keluarga dilewati begitu saja hanya kadang-kadang kalau sedang ingin berkumpul baru kami makan bersama. Begitupun dengan tahun baru biasanya dilewati oleh biasa-biasa saja.

Sejak anak-anak masih kecil jam tidur keluarga saya tergolong sangat sore untuk jam tidur kebanyakan keluarga, habis isya rumah sudah terkunci rapat karena pemiliknya sudah berselimut dan terlelap.

Setelah anak-anak besarpun tak berbeda jauh, ingin agak malam jam tidurnya untuk melihat countdown pergantian tahun saja seringnya gagal. Melihat kembang api yang ramai dibakar oleh penyelenggara tahun baruan sepertinya belum pernah dilakukan karena kami semua sudah tertidur saat pergantian tahun.

Pergantian tahun dari 2018 ke 2019 kali inipun dilalui dengan kegiatan yang kami sekeluarga sukai, berkumpul berempat, nonton film di TV, dan kegiatan favoritnya umpel-umpelan di kasur saya yang tidak terlalu besar --- drama pertengkaran tidak dilupakan, temanya apa saja bisa dipilih diantaranya rebutan --- serta kue dan kopi seadanya.

Untuk resolusi pun sama tidak ada yang spesial. Menetapkan resolusi untuk saya tidak hanya dilakukan jika waktu pergantian tahun saja tetapi saat ada kesempatan saya bisa reborn maka resolusi kadang saya tetapkan.  Hari kelahiran, pergantian tahun, dan terutama bulan Romadhon adalah saat resolusi saya canangkan.

Resolusi yang dibuat dilandasi dari yang lalu dan apa yang menjadi sasaran akan datang dengan mensyukuri apa yang dianugerahkan saat ini.

Tahun 2018 lalu yang berhasil saya rekam ternyata saya baru bisa mengumpulkan receh dalam segala hal. Maksud receh disini adalah hal yang saya lakukan masih hal-hal kecil, sederhana, dan biasa-biasa saja, nyaris di semua sisi kehidupan.

Sebagai orang yang senang menulis akibat kegiatan membaca, tahun 2018 saya diijinkan Yang Kuasa bertemu platform menulis yang bisa membuat kegiatan menulis saya berkembang, di Kompasiana salah satunya. Kegiatan yang saya lakukan masih sederhana yaitu menulis dengan konsisten menayangkan artikel setiap hari. Walau kegiatan saya sederhana hal ini adalah pencapaian tertinggi saya dalam menulis yaitu dengan konsisten menulis lalu menayangkan artikel setiap hari. Terbukti dengan sudah ada 60 artikel yang saya tayangkan dalam sebulan menulis di Kompasiana jika dirata-rata saya menayangkan dua artikel perhari.

Dalam kehidupan sebagai guru saya hanya melakukan kegiatan rutin, hanya sedikit menambahkan perhatian, kasih, dan sayang kepada rekan guru dan para siswa. Masih banyak yang harus diperbaiki agar bisa jadi guru dan rekan kerja yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun