Mohon tunggu...
Saepul Karim
Saepul Karim Mohon Tunggu... -

Selalu berjuang di jalan yang ada

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

1001 Macam Rintangan Guru Menuju Pegawai Negeri Sipil

30 April 2014   17:43 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:01 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Guru merupakan sebuah profesiyang menjadi idaman bagi sebagian besar rakyat Indonesia, karena profesi guru sangatlah mulia. Guru memiliki tugas sebagai tenaga pengajar diberbagai tingkatan sekolah, posisi inilah yang membuat proses pembelajaran tetap berlangsung sampai saat ini. Perguruan tinggi menjadi prioritas utama untuk menjadi seorang guru karena kemampuan dan cara mengajar yang baik menjadi acuan mutlak bagi setiap guru.

Profesi guru sampai saat ini masih menjadi perdebatan bebagai pihak, karena perbedaan tunjangan yang begitu besar antara guru yang sudah diangkat menjadi PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) dan yang belum diangkat ( Guru Honorer ). Tunjangan guru honorer jauh dibawah standar sebuah profesi pada umumnya, karena hal ini tidak sebanding dengan keringat yang telah dikorbankan oleh seorang guru honorer yang pada dasarnya memiliki jam kerja yang sama dengan guru PNS ( Pegawai Negeri Sipil ). Tunjangan yang diberikan pemerintah saat ini dapat dikatakan belum mampu mensejahterakan kehidupan guru honorer.

PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) merupakan tujuan bagi semua guru honorer, namun impian tersebut dapat tertunda hingga belasan tahun. Pada kenyataannya disetiap sekolah masih banyak guru honorer yang sudah mengabdi beberapa tahun bahkan sampai belasan tahun namun belum diangkat menjadi seorang guru PNS ( Pegawai Negeri Sipil ). Betapa susahnya lulus dalam tes CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) menjadi sebuah alasan mengapa seorang guru honorer dapat mengabdi hingga belasan tahun. Tes CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) merupakan jalan pintas menjadi seorang guru PNS ( Pegawai Negeri Sipil ), karena jika guru tersebut lulus dalam Tes CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) secara otomatis ia diangkat sebagai guru PNS ( Pegawai Negeri Sipil ). Guru yang lolos dalam seleksi Tes CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) mendapat golongan tertentu serta tunjangan yang berbeda pula sesuai masa jabatan.

Guru merupakan aset yang sangat berharga bagi pemerintah, karena guru adalah faktor yang paling penting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai tenaga pengajar yang begitu penting tentu memiliki hak yang harus dipenuhi oleh pemerintah, agar kedepan dunia pendidikan di Negara Indonesia menjadi lebih baik. oleh karena itu, seharusnya kesejahteraan serta jalan menuju guru PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) lebih diperhatikan dan dipermudah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun