Mohon tunggu...
Karenza Kezia
Karenza Kezia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuanya... Perkenalkan nama saya Karenza Kezia, asalnya dari Bandung. Hobi saya makan, menonton film, dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi Universitas Katolik Parahyangan

25 Oktober 2022   10:15 Diperbarui: 26 Oktober 2022   13:13 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh LPH (Lembaga Pengembangan Humaniora) Universitas Katolik Parahyangan. Saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi ini secara online pada tanggal 23 Oktober 2022.

Ada beberapa rangkaian kegiatan dalam geladi yaitu pra geladi, geladi, dan pasca geladi. Pada saat pra geladi saya mengerjakan tugas yang diberikan mengenai pertanyaan tentang Indonesia. Di tugas tersebut saya diminta untuk menyampaikan pendapat saya mengenai lagu Indonesia Raya, serta memberikan gagasan terkait film dokumenter dengan tema ketahanan pangan di Indonesia

Sesudah menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan pada saat masa pra geladi, saya mendapatkan link untuk zoom pada tanggal 23 Oktober 2022 jam 8 pagi hingga 1 siang. Selama masa geladi juga saya belajar untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman-teman dari jurusan yang berbeda. Saya dan teman-teman kelompok bekerja sama untuk memberikan pendapat mengenai hari penerbangan nasional dari sudut pandang SWOT (strength, weakness, opportunities, threats) kepada seluruh peserta dan para fasilitator yang mengikuti gelada pada hari itu. Pada presentasi kali ini saya berusaha untuk berbicara dengan baik dan benar untuk menyampaikan hasil diskusi saya dengan kelompok.

Melalui kegiatan geladi hominisasi ini saya belajar untuk menggunakan logika dan berbahasa dengan baik dan benar kapan pun. Rangkaian kegiatan geladi hominisasi ini membantu saya sebagai mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dalam melalukan analisa. Di geladi ini juga saya diajarkan untuk lebih percaya diri agar bisa menyampaikan pendapat atau opini saya kepada orang lain.

Setelah mengikuti geladi hominisasi, saya menyadari sebagai warga negara kita perlu menggunakan logika dan bahasa. Logika dan bahasa dibutuhkan ketika kita berinteraksi dengan orang lain dalam memberikan pendapat. Dalam hal ini, kita semua juga belajar mengenai bagaimana cara berbicara yang baik dan benar dihadapan banyak orang dengan bahasa dan logika.

Sebagai mahasiswa, kemampuan yang saya pelajari dalam geladi hominisasi bisa saya terapkan pada saat melakukan tugas kelompok di mana saya harus berani untuk menyampaikan pendapat atau opini, serta kemampuan ini juga bisa saya terapkan pada saat melakukan presentasi. Lalu sebagai warganegara Indonesia, cara saya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir, yaitu lebih banyak mencari tahu hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah saya pelajari dan belajar untuk bersosialisasi dengan siapa saja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun