Mohon tunggu...
Dede Tatang
Dede Tatang Mohon Tunggu... Guru - Putra Kamal, Larangan Brebes

Tulisan Anak Desa Untuk Negeri Tercinta Me Visit us : www.duniaelektronik.net , www.inspirasi-dttg.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Mengajak Anak Didik Belajar di Luar Kelas

28 Agustus 2018   07:08 Diperbarui: 28 Agustus 2018   08:50 2035
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran di luar kelas merupakan suatu hal yang sangat mengasikan, baik bagi siswa bahkan bagi guru itu  sendiri. Hal ini dikarenakan selain dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, lebih dari itu pembelajaran di luar kelas juga akan membuat pikiran dan semangat belajar menjadi meningkat.

Pembelajaran yang monoton tentu akan mudah membuat jenuh, sehingga dapat menurunkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Selain itu, penulis menilai pembelajaran di luar kelas merupakan sarana terapi efektif untuk memacu semangat dan rajinnya siswa dalam belajar.

Beberapa siswa yang mengalami penurunan kesadaran dalam hal belajar, terbukti telah menjadi semangat kembali setelah dilakukan aktivitas pembelajaran di luar kelas.

Penulis yang tinggal di desa dan mayoritas orang tua siswa adalah petani, tentu selalu berupaya untuk memanfaatkan dengan baik keadaan ini. Selain memotivasi siswa rajin belajar untuk dapat meraih cita-cintanya kelak. Lebih dari itu, aktivitas para petani pun menjadi sarana paling efektif untuk memacu siswa lebih serius lagi dalam belajar.

dok.pribadi
dok.pribadi
Tidak sedikit siswa yang sadar, bahwa kegiatan belajar mereka sangat menyenangkan dan harus benar-benar serius. Hal ini terutama saat mereka mengetahui bahwa perjuangan orang tua yang berprofesi sebagai seorang petani itu tidaklah mudah. Mereka harus berhadapan langsung dengan terik matahari, keringat yang mengucur, hingga tenaga yang harus dikuras maksimal dalam bekerja.

Siswa yang malas belajar tentu akan malu, saat mengetahui perjuangan keras orang tuanya demi mereka. Sudah seharusnya siswa sadar dan memiliki keinginan untuk membuat orang tua mereka bahagia. Mulai dari mereka patuh terhadap orang tua, rajin belajar, hingga memiliki cita-cita yang tinggi agar dapat membuat orang tua bangga dan bahagia.

Tujuan Pembelajaran di Luar Kelas

  1. Siswa mampu mengembangkan kreativitas dan inisiativ mereka secara personal
  2. Siswa mampu mewujudkan semua potensi yang dimilikinya sehingga semangat jiwa dan raganya menjadi optimal
  3. Siswa dapat merasakan langsung perihal materi yang sedang diajarkan.
  4. Siswa dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya
  5. Meningkatkan ketertarikan siswa pada berbagai kegiatan bermanfaat yang ada di luar kelas
  6. Meningkatkan hubungan yang baik antara siswa dan guru melalui berbagai pengalaman berharga di alam bebas
  7. Memberikan siswa pengalaman belajar langsung di dunia nyata
  8. Memanfaatkan segala yang ada di alam sebagai media untuk belajar
  9. Menanamkan pemahaman pada siswa bahwa dunia luar merupakan suatu sarana belajar yang sangat menyenangkan

Manfaat Pembelajaran di Luar Kelas

  1. Baik guru maupun siswa pikirannya akan menjadi lebih fresh
  2. Sistem pembelajaran akan berjalan lebih menyenangkan dari pada hanya monoton di dalam kelas
  3. Sistem pembelajaran menjadi lebih nyata karena berbagai objek pembelajarannya dapat dilihat bahkan dirasakan langsung
  4.  Sistem pembelajaran menajdi lebih kreativ dan inovatif
  5.  Siswa dapat mengenali dan memahami dunia nyata dengan lebih luas

Kelemahan Pembelajaran di Luar Kelas

  1.  Konsentrasi peserta didik mudah terpecah hal ini dikarenakan banyaknya objek di luar yang sangat menarik perhatian mereka
  2. Lebih sulit dalam mengelola siswa. Hal ini tentu saja dikarenakan berbagai hal yang ada di luar membuat siswa lebih mudah untuk mengekoplore segala hal yang ada di alam. Akibatnya fokus mereka terhadap guru menjadi sangat berkurang karenanya.
  3. Waktu menjadi tersita lebih lama. Hal ini dikarenakan pembelajaran di luar kelas waktunya tidak tersetruktur seperti pembelajarn di dalam kelas. Lebih dari itu siswa pun seringnya lupa waktu saking asiknya melakukan aktivitas di luar kelas.
  4. Minat siswa mudah menjadi semua karena hadirnya berbagai objek yang menarik perhatian mereka di lingkungan sekitar
  5. Guru harus membimbing siswa lebih ekstra terutama saat siswa lebih tertarik ke objek lain dari pada terhadap materi yang sedang diberikan
  6. Pembelajaran akan sangat mudah terpecah saat dilingkungan belajar terdapat siswa atau kelompok lain.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun