Ahmad Faruqi 1204120244
Perkembangan bisnis online di Indonesia sangat begitu pesat, Hal ini dapat dilihat dengan berjamurnya website ecommerce di Indonesia, seperti lazada, zalora, mataharrimall, dan begitu banyak ecommerce lainnya. Ecommerce inilah yang memancing pertumbuhan transaksi lewat ecommerce berkembang sangat pesat.
Perkembangan ecommerce di Indonesia tentu bukan hanya karena mulai berkemabang website ecommerce di Indonesia tetapi tentu juga di pengaruhi oleh perilaku konsumen di Indonesia yang sudah memulai teredukasi dengan ecommerce, Masyarakat Indonesia sudah mulai cerdas memilah ecommerce yang tepat untuk mereka belanja dan dapat di percaya dengan pelayanan yang baik, mereka yang sibuk, atau tidak memiliki waktu hanya untuk sekedar berbelanja tentu akan memilih belanja di ecommerce yang telah terpercaya dari pada harus mengunjungi toko tradisional yang memakan waktu mereka.
Selain itu konsumen yang biasanya menghabiskan waktu mereka dengan membanding produk dari toko satu ke toko lainnya dengan membandingkan produk yang lebih menarik dan perbandingan harga yang lebih murah tentu belanja online akan lebih memanjakan mereka.Â
Perkembangan ecommerce memicu banyaknya pengusaha-pengusaha di Indonesia yang memulai bisnis mereka dengan berjualan secara online. Saya pribadipun memulai bisnis saya dengan berjualan Online, denga tujuan wilayah pemasaran yang tidak terbatas dan terutama tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak untuk pemasaran tersebut. Saya pribadi sangat terbantu dengan adanya kaskus, olx, bukalapak, tokopedia dan website jual beli lainnya.
Sebagai penjual yang menggelar lapak di berbagai website tersebut saya tidak perlu memikirkan biaya sama sekali karena layanan ini bersifat gratis, Terlebih lagi website ini bisa dikunjungi siapa saja dan dimana saya yang membuat produk bisa dipasarkan secara luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H