Mohon tunggu...
Marcomm D 2012 Telkom University
Marcomm D 2012 Telkom University Mohon Tunggu... -

Belajar memahami fenomena yang ada dari sudut pandang Ilmu Komunikasi. Mahasiswa tingkat akhir Marketing Communication di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University, Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Ecommerce dalam Bisnis Online di Indonesia

5 Desember 2015   19:59 Diperbarui: 5 Desember 2015   20:04 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ahmad Faruqi 1204120244

Perkembangan bisnis online di Indonesia sangat begitu pesat, Hal ini dapat dilihat dengan berjamurnya website ecommerce di Indonesia, seperti lazada, zalora, mataharrimall, dan begitu banyak ecommerce lainnya. Ecommerce inilah yang memancing pertumbuhan transaksi lewat ecommerce berkembang sangat pesat.

Perkembangan ecommerce di Indonesia tentu bukan hanya karena mulai berkemabang website ecommerce di Indonesia tetapi tentu juga di pengaruhi oleh perilaku konsumen di Indonesia yang sudah memulai teredukasi dengan ecommerce, Masyarakat Indonesia sudah mulai cerdas memilah ecommerce yang tepat untuk mereka belanja dan dapat di percaya dengan pelayanan yang baik, mereka yang sibuk, atau tidak memiliki waktu hanya untuk sekedar berbelanja tentu akan memilih belanja di ecommerce yang telah terpercaya dari pada harus mengunjungi toko tradisional yang memakan waktu mereka.

Selain itu konsumen yang biasanya menghabiskan waktu mereka dengan membanding produk dari toko satu ke toko lainnya dengan membandingkan produk yang lebih menarik dan perbandingan harga yang lebih murah tentu belanja online akan lebih memanjakan mereka. 

Perkembangan ecommerce memicu banyaknya pengusaha-pengusaha di Indonesia yang memulai bisnis mereka dengan berjualan secara online. Saya pribadipun memulai bisnis saya dengan berjualan Online, denga tujuan wilayah pemasaran yang tidak terbatas dan terutama tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak untuk pemasaran tersebut. Saya pribadi sangat terbantu dengan adanya kaskus, olx, bukalapak, tokopedia dan website jual beli lainnya.

Sebagai penjual yang menggelar lapak di berbagai website tersebut saya tidak perlu memikirkan biaya sama sekali karena layanan ini bersifat gratis, Terlebih lagi website ini bisa dikunjungi siapa saja dan dimana saya yang membuat produk bisa dipasarkan secara luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun