Mohon tunggu...
Ikra Rabbik
Ikra Rabbik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA

Program Studi Menajemen

Selanjutnya

Tutup

Financial

Strategi Penguatan Ekonomi Lokal di Era Moderenisasi

30 Desember 2024   11:24 Diperbarui: 30 Desember 2024   11:24 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

1. Moderenisasi

Moderenisasi adalah suatu proses transformasi perubahan kearah yang lebih maju di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Suka tidak suka itu pasti akan dirasakan karna Moderinisasi merupakan bagian dari perubahan sosial yang direncanakan.

Dikutip dari Wikipedia bahwa Wilbert E Moore (seorang sosiolog Amerika yang terkenal) yang menyebutkan modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri Negara barat yang stabil.

Sementara menurut J. W. Schoorl, modernisasi adalah suatu transformasi, suatu perubahan masyarakat dalam segala aspek-aspeknya. Dalam bukunya yang berjudul "Modernisasi" ia merumuskan modernisasi sebagai suatu penerapan pengetahuan ilmiah yang ada kepada semua aktivitas, semua bidang kehidupan atau kepada semua aspek-aspek kemasyarakatan.

Di era saat ini berbagai macam dampak terjadi di indonesia akibat dari moderenisasi khususnya dampak ekonomi terhadap masyarakat lokal, perkembangan teknologi yang sangat cepat mengubah prilaku masyarakat dalam bidang ekonomi

2. Ekonomi Lokal adalah ekonomi yang bersekala kecil dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya. Pengembangan ekonomi di setiap daerah dapat diartikan proses pemerintah daerah dan masyarakatnya untuk memanfaatkan beberapa sumber daya lokal yang ada dan diharapkan dapat membuat pengembangan perekonomian bisa sedikit meningkat.
Saat ini produk lokal tidak hanya dapat di pasarkan di wilayah sekitar akan tetapi mampu dipasarkan sampai mancanegara. seiring perkembangan teknologi, globalisasi ekonomi menjadi semakin cepat dan menjadi salah satu faktor yang mendukung terjadinya perluasan jangkauan target pasar bahkan sampai ke pedesaan, ini menjadi peluang sekaligus ancaman bagi pelaku ekonomi lokal. berbagai model ekonomi muncul mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhanya bahkan era saat ini orang tidak perlu lagi kepasar tradisional melalui smarphon kita dapat membeli apa yang kita butuhkan Hal ini menuntut pelaku Ekonomi lokal agar dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menjawab tantangan zaman. Sehingga pelaku UMKM perlu di berikan pembinaan serta pendampingan bisnis agar dapat bersaing dan bertahan serta mampu memperluas jaringan usahanya.

Dalam lingkup Pedesaan UMKM adalah pilar Ekonomi Lokal yang berkontribusi dalam pemerataan Ekonomi untuk itu Pemerintah desa berperan melindungi, menjaga dan mengupayakan Pelaku UMKM di wilayahnya dapat mengakses pasar dan permodalan serta mampu bersaing. Untuk itu di perlukan strategi dalam upaya pengembangan Pelaku Ekonomi lokal agar mampu bersaing di era globalisasi saat ini.

Dari hasil pelatihan serta studi lapangan yang di ikuti oleh penulis terdapat beberapa umkm di kabupaten Morowali yang terbilang berhasil atas penerapan strategi ini.
Berikut strateginya :

1. Peningkatan daya tarik UMKM 

memberikan pelatihan melalui inovasi bermuatan lokal dalam upaya untuk meningkatkan keunggulan komparatif

2. Pembentukan teknologi pendukung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun