Mohon tunggu...
Kansa Adhia Putri
Kansa Adhia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya banyak si dalam bidang olahraga suka futsal dan mendaki gunung kalo yang lainnya suka masak dan scroll berita atau konten

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Cara Mengelola Kesehatan Mental

28 Oktober 2023   12:36 Diperbarui: 28 Oktober 2023   13:26 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Kansa Adhia P

        Menjaga kesehatan mental sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terutama sebagai pelajar, saya seringkali menghadapi tekanan akademik, tuntutan sosial, dan perubahan emosional yang dapat mempengaruhi kesehatan mental saya. Untuk menjaga kesehatan mental, saya percaya bahwa penting untuk memiliki waktu sendiri untuk beristirahat dan bersantai.

        Dalam kehidupan yang sibuk, seringkali kita lupa untuk memprioritaskan kebutuhan diri sendiri. Menghabiskan waktu dengan melakukan hobi atau aktivitas yang kita sukai dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati.

        Selain itu, menurut saya penting juga untuk memiliki jaringan sosial yang kuat. Berbagi perasaan dan pikiran dengan teman atau keluarga dapat membantu meredakan beban emosional dan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

        Dengan menjaga kesehatan mental, kita dapat menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri dan mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan. 

  Cara mengelola kesehatan mental menurut saya yaitu :

  • Mengenali dan memahami emosi :

Saya berusaha mengenali dan memahami apa yang akan membuat saya emosi sehingga itu bisa menjadi kontrol untuk diri saya sendiri.

  • Menjaga komunikasi yang baik :

Berbicara dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pasangan dapat membantu mengurangi tekanan dan memberikan ruang bagi saya untuk berbagi pikiran dan perasaan.

  • Menjaga pola tidur yang baik :

Tidur yang cukup adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan mental saya

  • Berolahraga secara teratur :

Menurut saya, berolahraga itu bisa mengurangi rasa stress

  • Melakukan aktivitas yang menyenangkan :

Saya selalu menyempatkan untuk melakukan aktivitas yang membuat saya merasa senang dengan melakukannya. Seperti mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan pergi keluar rumah dengan teman.

  • Menghindari faktor pencetus stres :

Saya selalu menghindari sesuatu yang membuat saya stress, karena itu akan meminimlisir rasa stress dan sangat aman untuk kesehatan mental saya.

  • Memprioritaskan diri sendiri :

Memprioritaskan diri sendiri dengan cara me time, melakukan apa yang saya ingin lakukan dan juga membeli apa yang saya mau. Itu bisa juga menjaga kesehatan mental.

  • Mencari dukungan sosial :

Mencari suport dari orang-orang terdekat itu sangat penting sepeti dari keluarga dan teman. Karena jika tidak ada dukungan dari orang sekitar itu mungkin sulit bagi saya.

  • Tidur yang cukup :

Tidur yang baik dan cukup itu penting untuk pemulihan fisik dan mental. Saya bisa mendapatkan keadaan hati atau fikiran yang tenang serta melakukan aktivitas lagi dengan baik di kemudian hari.

  • Memiliki pemikiran positif :

Berlatih memiliki pola pikir yang positif dan optimis. Disaat saya berfikir negatif saya berusaha untuk menahan itu dengan cara berfikir positif itu sangat lebih baik untuk kesehatan mental saya.

  • Menghindari kelelahan :

Menghindari apa yang membuat saya merasa sangat melelahkan itu penting.

  • Menghindari kebiasaan buruk :

Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang, alkohol, atau merokok karena itu dapat mempengaruhi kesehatan mental saya. Saya Juga membatasi konsumsi kafein dan gula berlebihan, karena itu bisa mempengaruhi mood dan energi saya.

       Kesimpulannya, menjaga kesehatan mental adalah suatu keharusan dalam kehidupan kita yang sibuk dan penuh tekanan. Dengan memberikan waktu untuk diri sendiri, memiliki jaringan sosial yang kuat, kita dapat mengurangi stres, merasa lebih bahagia, dan mencapai keberhasilan dalam kehidupan.

       Kesehatan mental adalah aspek yang tak bisa diabaikan dalam perjalanan hidup kita, dan dengan menjaganya, kita dapat mencapai keseimbangan dan kebahagiaan yang lebih baik.

       Menjaga kesehatan mental sebagai pelajar sangat penting untuk meraih kesuksesan akademik dan kebahagiaan pribadi. Dengan memprioritaskan waktu untuk istirahat dan relaksasi, mengelola stres dengan baik, dan merawat diri sendiri, kita dapat menghindari kelelahan, kecemasan, dan kelelahan mental yang dapat mengganggu kinerja kita.

      Penting juga untuk membangun jaringan sosial yang sehat dan mendapatkan dukungan dari teman, keluarga, atau profesional jika diperlukan. Dengan menjaga kesehatan mental, kita dapat mengoptimalkan potensi kita sebagai pelajar, menjaga keseimbangan hidup, dan meraih keberhasilan dalam jangka panjang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun