Mohon tunggu...
Kantor Imigrasi Gorontalo
Kantor Imigrasi Gorontalo Mohon Tunggu... Administrasi - Instansi Pemerintahan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo awalnya merupakan Kantor Imigrasi Kelas II yang mulai beroperasi pada tanggal 4 April 2003. Pada saat itu, lokasi Kantor Imigrasi Gorontalo masih menempati bangunan sementara yang di faslitasi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, beralamat di Jalan KH. Agus Salim Nomor 289. Pada Tahun 2004, Kantor Imigrasi Kelas II Gorontalo mengalami peningkatan status menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo kemudian secara bertahap membangun Gedung Kantor milik sendiri yang beralamat di Jalan Brogjen Piola Isa No. 214, Kelurahan Dulomo Selatan Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Sejak Tahun 2006 hingga saat in, Kantor Imigrasi Gorontalo menemapti Gedung Kantor sendiri dan pada Tahun 2018 Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo berubah nomenklatur menjadi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo dikarenakan terdapat Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Laut di Wilayah Kerjanya. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo memeliki Wilayah Kerja mencakup 1 (satu) Kota dan 5 (lima) Kabupaten pada Provinsi Gorontalo, yaitu ; Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Optimalkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat di Masa Transisi, Kantor Imigrasi Gorontalo Gelar Workshop Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

9 Desember 2024   16:36 Diperbarui: 9 Desember 2024   16:37 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jumat (6/12) dalam rangka mengoptimalkan pelayanan prima kepada masyarakat di masa transisi, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo menggelar kegiatan Workshop Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik bertempat di Meeting Room Villa Kencana Kabupaten Boalemo.

Kegiatan dihadiri oleh peserta dari Internal Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, serta Pimpinan dan perwakilan agen perjalanan Haji dan Umrah di Provinsi Gorontalo yang hadir secara virtual.

Pelaksanaan acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo Iwan Irawan dengan menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan yaitu untuk membangun pemahaman yang komprehensif mengenai strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada masa transisi, sehingga Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan dapat merespon tantangan dan kebutuhan masyarakat dengan lebih baik.

Selain itu Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada peserta, termasuk masyarakat dan stakeholder terkait, mengenai kebijakan terkini  berhubungan dengan penyesuaian harga dan desain paspor Republik Indonesia, sehingga tercipta keselarasan informasi dan transparansi dalam pelaksanaan pelayanan.

Seusai penyampaian tersebut, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo Friece Sumolang sekaligus membuka kegiatan.

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Keimigrasian menyampaikan bahwa kegiatan yang mengangkat tema "Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Masa Transisi" ini merupakan bentuk nyata komitmen kita semua dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, terutama pada masa-masa penuh tantangan seperti sekarang. Masa transisi, baik dari sisi kebijakan, teknologi, maupun kebutuhan masyarakat, menuntut kita untuk terus beradaptasi, berinovasi, dan tetap profesional dalam memberikan pelayanan terbaik.

Setelah dibuka secara resmi, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian keynote Speech oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Gorontalo Pagar Butar Butar, yang pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan workshop dengan tema "Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Masa Transisi" ini merupakan sebuah langkah konkret dalam menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

"Peningkatan kualitas pelayanan publik bukanlah tugas yang ringan, tetapi juga bukan sesuatu yang mustahil. Kita membutuhkan strategi yang tepat, inovasi yang berkelanjutan, dan sinergi yang kuat antara seluruh elemen organisasi. Pada masa transisi seperti sekarang, saya ingin menekankan tiga hal utama: yaitu adaptasi terhadap perubahan, penguatan kompetensi SDM serta pemanfaatan teknologi dimana pada era digital ini memberikan peluang besar untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo harus menjadi pionir dalam memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan yang cepat, akurat, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujar Pagar Butar Butar dalam penyampaiannya.

Imigrasi Gorontalo 
Imigrasi Gorontalo 

Memasuki acara inti, kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber Apriana Podungge dari BRI Kantor Cabang Gorontalo dengan tema penyampaian "Service Excellence", setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian oleh Awis Lahmutu yang merupakan pemateri dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo dengan tema "Kebijakan Pembinaan, Pelayanan dan Pelindungan Jemaah Haji".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun