Mohon tunggu...
Putu Kanha Widitya
Putu Kanha Widitya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KULIAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran

26 Juni 2024   09:38 Diperbarui: 26 Juni 2024   12:42 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran menggunakan aplikasi canva lebih seru dan dapat meningkatkan kreatif siswa. Dengan canva, siswa dapat menampilkan kreativitas dalam hal mendesain, menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan dan mengimplementasikan materi dalam proses pembelajaran. Seperti yang ditegaskan oleh Rino Fatmosari, (2022) Canva memungkinkan siswa menyajikan tugas dan proyek mereka dengan cara yang kreatif, seru dan menarik. Hal ini membuat proses belajar dan tugas menjadi lebih menyenangkan. Dengan adanya pembelajaran yang menyenangkan menggunakan Platform Canva, siswa tidak merasa tertekan dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan Canva dalam keterlibatan pembelajaran, canva meningkatkan kreativitas pembelajaran, dan Mengevaluasi efektivitas penggunaan Canva. Canva adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka. Dengan mengembangkan proses belajar mengajar yang kreatif dalam menggunakan Canva, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, bermakna, dan mempersiapkan siswa untuk masa depan.

Canva merupakan platform digital, dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam hal mendesain, menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan dan mengimplementasikan materi dalam proses pembelajaran. Seperti yang ditegaskan oleh Adawiyah, Hasanah, & Munsi (2019) menyatakan bahwa Aplikasi Canva merupakan salah satu media yang dapat mendukung proses pembelajaran secara visual dan melatih kemampuan literasi visual siswa. Canva merupakan program design online yang menyediakan berbagai alat editing untuk membuat berbagai desain grafis, seperti poster, banner, kartu undangan, presentasi, Majalah, dan yang lainnya, Mudah dipahami walaupun masih pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, pengguna dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun. Aplikasi canva bersifat gratis dan berbayar berbasis online yang mudah digunakan termasuk dalam mendesain media pembelajaran. Sedangkan, kekurangan canva antara lain: aplikasi ini mengandalkan jaringan internet yang cukup dan stabil, dalam aplikasi canva ada beberapa template, stiker, ilustrasi, font, dan lain sebagainya secara berbayar, terkadang desain yang dipilih terdapat kesamaan desain dengan orang lain, entah itu templatenya, gambar, warna, dan sebagainya, namun kembali lagi kepada pengguna dalam memilih suatu desain yang berbeda.

 Pembelajaran dengan canva juga memerlukan kreativitas. Kreativitas adalah kunci untuk memecahkan masalah dan menciptakan solusi yang inovatif. Kreativitas pada dasarnya merupakan kemampuan internal pada tataran ide, untuk menciptakan dan memunculkan gagasan baru. Ahli psikologi membuat kategori kreativitas yang berorientasi produk dan kreativitas yang berorientasi pada proses. Meningkatkan kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif menggunakan aplikasi canva. Adapun asumsi yang mendasari pendekatan terhadap kreativitas dalam bidang pendidikan. Pertama, sebagaimana dikemukakan oleh Craft (2001) dan Bauer & Kauffman, (2006) kreativitas bersifat universal, tidak dimiliki hanya oleh segelintir individu yang hebat, tetapi sejatinya setiap orang mempunyai potensi kreatif. Ahli pendidikan mempunyai kepercayaan bahwa anak-anak secara natural merupakan insan kreatif, yang mempunyai dorongan internal untuk mengembangkan diri, mengekspresikan dan menggunakan kapasitasnya, bersikap terbuka dan cenderung tertarik dengan hal-hal baru.

  Mengevaluasi efektivitas penggunaan Canva dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan memberikan sebuah tugas pembuatan presentasi sangat penting untuk memahami sejauh mana aplikasi ini dapat mendukung pembelajaran. Penting untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Canva dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode evaluasi seperti survei siswa, analisis hasil karya, dan pengamatan langsung dapat digunakan untuk mengukur dampak penggunaan Canva dalam pembelajaran (Pelangi, 2020). Seperti yang ditegaskan oleh Adawiyah, Hasanah, & Munsi, ,(2019) menyatakan bahwa Hasil evaluasi dapat menunjukkan peningkatan dalam kreativitas siswa serta peningkatan dalam pemahaman dan pencapaian akademik. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam kegiatan kreatif cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis.

Penggunaan Canva untuk pembelajaran membawa potensi besar bagi siswa untuk keterlibatan dalam proses pembelajaran meningkatkan kreativitas  dan  Mengevaluasi efektivitas penggunaan Canva dalam meningkatkan kreativitas. Canva sebagai platform desain digital memfasilitasi berbagai aspek belajar visual dan literasi visual, memberikan siswa kesempatan untuk desain, analisis, evaluasi, dan pengembangan materi pembelajaran mereka dalam pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif. Meskipun keterbatasan spesifik seperti ketergantungan pada koneksi internet dan beberapa elemen berbayar, manfaatnya untuk akses dan penggunaan yang mudah membuat Canva menjadi alat yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran melalui kreativitas. dapat memastikan bahwa itu benar-benar menghasilkan hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, Canva dalam pembelajaran merupakan langkah penting untuk melatih dan mengembangkan kreativitas siswa, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat jangka panjang dalam pendidikan dan kehidupan siswa.

 

References

Ade Dwi Putra, S. Kom. , M. Kom. (n.d.). CANVA: FENOMENA BARU DI DUNIA DESAIN GRAFIS ATAU SEKEDAR GIMMICK? Retrieved April 24, 2024, from https://fsip.teknokrat.ac.id/canva-fenomena-baru-di-dunia-desain-grafis-atau-sekedar-gimmick/

Ayuningtyas, V., Oktivani, I., Muliya, I. C., Wulandari, I. D., Halimatussyadiyah, H., Nabila, H. F., & Riskia, G. P. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GURU SMP DALAM MEMBUAT LKPD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1797. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12868

Rino Fatmosari, S. Pd. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN. https://smkn1pracimantoro.sch.id/artikel/dunia-pendidikan/pemanfaatan-aplikasi-canva-dalam-pembelajaran/

Studi, P., Matematika, P., Hanafi, M., Fira, A., Amalia, N., Khaillasiwi, O., Sari, K., Muhsinin, N., Karisma, D. W., Hadi, S., & Guru, P. P. (n.d.). Media Pendidikan Matematika Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Presentasi Siswa SMP pada Matematika. Juni 2023, 11(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun