Mohon tunggu...
Rakhmad
Rakhmad Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Madiun

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pendidikan Membangun Peran Aktif Peserta Didik

29 Mei 2016   20:38 Diperbarui: 29 Mei 2016   22:10 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian peserta didik  menurut undang- undang RI No. 20 Tahun 2003 tenteng Sistem Pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Dari pengertian di atas peserta didik merupakan anggota masyarakat yang bertujuan mengembangkan potensi diri. Berkembang dan tidaknya potensi peserta didik bisa dilihat dari proses belajar dan mengajar. Cara dan konsep belajar ini juga berpengaruh pada potensi peserta didik.

Cara pandang terhadap peserta didik juga harus diperhatikan. Peserta merupakan seorang manusia yang bergerak bukan benda mati. Peran aktif seorang pendidik juga penting untuk mengembangkan potensi anak terhadap berbagai potensi. Dengan mencoba peran aktif peserta didik juga merupakan penghormatan terhadap potensi itu sendiri.

Bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mencoba peran aktif siswa? Ada beberapa pengalaman yang pernah saya coba:

  • Peserta didik belajar untuk siap.
  • Melakukan praktek, simulasi dan presentasi.
  • Memanfatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi sebagai media pembelajaran

Peserta didik belajar untuk siap

Peserta didik dilatih untuk selalu siap dengan apa saja yang nanti dipelajari. Sebelumnya di rumah siswa sudah membaca dan  mencari informasi dari manapun. Sehingga siswa tidak kosong tetapi sudah memiliki informasi yang pernah dibaca dan dipelajari.

Sebelum pembelajaran peserta didik ditunjuk dua atau lebih untuk menceritakan apa yang pernah dipelajari dan dibaca. Peserta didik yang lain memberikan umpan balik dengan apa yang diinformasikan temannya. Setelah itu guru memberi tambahan jika ada yang kurang atau mengambil kesimpulan bersama-sama.

Bercerita ke teman-teman. dok.Pribadi
Bercerita ke teman-teman. dok.Pribadi
Melakukan praktek, simulasi dan presentasi

Dalam pembelajaran yang berbasis keterampilan peserta didik dilatih untuk melakukan praktek, simulasi dan presentasi. Peserta didik dilatih untuk menyampaikan hasil karyanya. Hasil karya ini juga dapat dilihat oleh peserta didik yang lain.

contoh hasil praktek bel listrik. dok pribadi
contoh hasil praktek bel listrik. dok pribadi
Memanfatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi sebagai media pembelajaran.

Memanfaatkan Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) ini melatih peserta didik untuk aktif menggunakan teknologi. Penggunaan TIK ini apa yang dipelajari diwujudkan dalam bentuk hasil karya yang berupa slide maupun video. Slide dan Video ini digunakan untuk media pembelajaran yang aktif dan berkawan dengan teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun