Ekonomi digital sudah mewabah ke berbagai penjuru Indonesia. Zaman sekarang sangat sulit ditemukan "manusia tanpa smartphone".  Era milenial membuat seseorang menjadikan smartphone bukan hanya tren semata melainkan kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Untuk sekadar chatting, browsing, selling,  atau sebagai penghilang penat.
Apalagi setelah launching internet super cepat 4G yang ditemukan oleh Profesor Khoirul Anwar Alumni Nara Institute of Science and Technology (NAIST) , internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Bahkan untuk makan pun bisa diwujudkan dengan hanya satu sentuhan jari.
Berbicara tentang Ekonomi Digital, saya menyadari bahwa internet adalah peluang besar para pelaku bisnis. Mereka mengincar pasar digital karena digitalisasi ekonomi diprediksi akan terus berkembang setiap tahunnya. Apalagi setelah Alibaba berani menguncurkan dana triliunan rupiah ke toko-toko online yang ada di Indonesia. Ini membuktikan era digital masih punya nilai peluang yang tinggi dalam beberapa tahun ke depan, terutama di Indonesia.
Pelaku bisnis online seperti saya tentunya merasakan pentingnya "melek internet". Kenapa? Karena internet yang bagus sangat menunjang aktivitas jual beli. Saya pun harus pintar memilih koneksi internet yang bisa meningkatkan omset. Emang bisa? Let's check this out!
Saya coba memberikan beberapa alasan berdasarkan pengalaman MENGAPA INTERNET PENTING UNTUK PEBISNIS ONLINE
1. PREPARING. Nah, biasanya pelaku online  shop seperti saya mempersiapkan amunisi jualan itu malam hari. Kenapa malam hari? Karena supaya besok bisa posting atau copy writing tanpa mikir dulu alias sudah prepare malam harinya.
Disamping itu juga malam hari memiliki koneksi internet yang bagus. Entah darimana asalnya teori itu tapi keseringan internet lancar pada malam hari. Kemungkinan karena sedikit user yang menggunakan internet.
2. SELLING. Setelah malam harinya prepare tiba saatnya jualan. Gak lucu kan capek-capek copy writing ternyata gagal posting karena internetnya lelet atau tiba-tiba down.  Hehe Ibaratnya kompetisi sudah mulai, kita malah kalah duluan.
Strategi paling mutakhir mengatasi kejadian gagal posting yaitu cerdas memilih koneksi internet. Prepare tulisan harus dibarengi dengan prepare jaringan juga. Copy writing yang bagus jika ditunjang dengan internet yang kencang maka proses penjualan pun tinggal menunggu orderan
3. CLOSING. Ini biasanya disebut tahap order. Calon pembeli biasanya interaksi dengan penjual dalam hal barang, pengiriman, atau bahkan negosiasi harga. Jika kita bisa memberikan servis yang bagus, sopan, dan paling penting adalah fast repon. Maka calon pembeli pun berubah menjadi pembeli dan syukur-syukur jadi pelanggan kita. Semua itu pasti dtunjang dengan internet yang baik dan cepat.
Ada pengalaman saya yang unik ketika berbisnis online.  Waktu itu saya mempunyai barang yang akan saya  jual di instagram. Calon pembeli pun tertarik dan segera menghubungi saya. Karena saya slow respon dan pembeli pun kecewa dan akhirnya tidak jadi beli.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!