Mohon tunggu...
Kang Arul
Kang Arul Mohon Tunggu... Penulis - www.dosengalau.com

www.dosengalau.com | sering disebut sebagai dosen galau membuatnya sering galau melihat kehidupan. Lulusan S3 Kajian Media dan Budaya dari UGM Jogjakarta ini menjadi konsultan media digital yang telah menulis lebih dari 100 buku dan memublikasikan ratusan artikel secara nasional dan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Permen dari Abah Gulali

31 Agustus 2015   09:29 Diperbarui: 31 Agustus 2015   09:29 712
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Ayah... beli permen."

Saya yang sedang santai di sore itu sambil menikmati kopi dan sepotong kerupuk (kombinasi yang membingungkan) langsung menoleh.

"Beli permen, Ayah," anak saya Kanaya yang sering disebut Korea kembali meminta.

Awalnya saya mau menolak. Bukan apa-apa, permen adalah salah satu jajanan yang memang harus dibatasi. Bagi anak kecil permen adalah makanan dari surga, rasa manisnya bisa memanjakan lidah dan juga kadang membetahkan anak yang sedang rewel. Namun, efek permen terutama yang menggunakan pemanis buatan bisa menyebabkan penyakit salah satunya adalah merusak gigi.

Belum lagi saya ingin melarang dan membujuk dengan makanan yang lebih sehat, mata saya sudah tertuju kepada sebuah dagangan yang dikerubuti anak-anak tetangga di depan rumah.

"Ayah, Naya mau permen itu." Tangan Kanaya menunjuk juga ke arah dagangan itu.

Dari jauh saya sudah tahu kalau itu memang pedagang permen keliling. Tapi ada yang istinewa di sore itu dalam pandangan saya, yakni yang dijualnya mengingatkan saya dengan masa kecil beberapa puluh tahun lalu. Uhuk... #batukmodeon

Permen itu adalah permen gulali.

Ingatan saya langsung terbang ke tika saya duduk di sekolah dasar. Setiap jam istirahat sekolah atau bahkan pulang sekolah saya dan beberapa teman selalu mampir di jajanan yang ada di luar sekolah. Salah satu jajanan yang paling diminati adalah permen gulali tadi.

Mengapa diminati? Ya, sebenarnya di warung sekolah banyak juga menjual permen dan dengan uang 100 rupiah (zaman dulu lo yah) saya bisa mendapatkan empat permen. Jenisnya bisa macam-macam, hanya saja bentuknya kalo gak bulat, lonjong, ya yang paling mainstream ya kotak.

Nah, bayangkan kalo ada permen yang bisa dibentuk jadi bunga atau binatang. Bayangkan juga permen yang selain bisa diemut juga bisa ditiup dan menghasilkan bunyi seperti pluit. Yang bisa, waktu itu, hanya permen gulali. Makanya saya selalu senang membeli permen gulali ini dan bentuk atau model permen yang saya suka dalah ayam dan burung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun