Mohon tunggu...
Muhammad Adib Mawardi
Muhammad Adib Mawardi Mohon Tunggu... Lainnya - Sinau Urip. Nguripi Sinau.

Profesiku adalah apa yang dapat kukerjakan saat ini. 😊

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Triliunan Centang Takkan Pernah Bisa Menghentikanku Menulis

21 September 2020   21:35 Diperbarui: 22 September 2020   19:58 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pixabay

Jika tujuanku menulis adalah untuk mendapatkan tanda centang, maka sebaiknya hilangkanlah saja tanda centang itu dari tulisanku agar aku tetap bisa leluasa menulis.

Jika arahku menulis adalah untuk mendapat tanda warna, maka putihkanlah saja tanda itu agar tak seorang pun akan tahu apa statusku.

Jika visiku menulis adalah untuk mendapat tampilan yang utama, maka taruhlah saja tulisanku itu di barisan paling belakang agar tak seorang pun akan melihat tulisanku.

Jika misiku menulis adalah untuk mendulang penghargaan, maka cacilah tulisanku dengan seburuk-buruknya agar tak tampak guratan keindahan sedikit pun yang terukir di dalamnya.

Takkan ada yang mampu menghalangiku menulis, entah itu kekuasaan, pembodohan, maupun pembredelan.

Sebab, dimana pun aku terhalang
di pintu lain aku kan memasukinya.

Aku tak butuh triliunan centang. Aku tak butuh warna. Aku tak butuh pengakuan.

Tanpa itu semua aku kan tetap menulis
selama Tuhan masih mengizinkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun