Sabtu, 16 Desember 2017, sekitar jam 8 malam, saya berencana menarik uang rekening Bank Mandiri di Indomaret, Rawa Taman, Kecamatan Tanah Sareal Bogor. Saya  berbelanja dulu senilai Rp. 30.700 untuk pemenuhan peryaratan pengambilan tunai di kasir tersebut yaitu harus belanja minimal Rp. 20.000.
Namun transaksi tidak bisa dilaksanakan katanya karena jaringan internet lagi lemot. Celakanya, saldo rekening saya terpotong senilai uang yang rencana ditarik yaitu Rp.500.000 tambah  belaanjaan Rp, 30.700. Menurut kasir dan sepertinya supervisor di gerai swalayan itu,  kasus seperti itu sering terjadi dan dalam 24 jam uangnya akan kembali.
Setelah 2 x 24 jam ditunggu, ternyata uang itu belum kembali juga. Akhirnya saya kembali ke Indomaret itu dan dia meminta saya saya untuk ngeprint buku tabungan  kemudian melaporkan bukti transaki yang tak pernah terjadi tersebut. Saya dongkul juga, saya respon "Lho, kalian yang berbuat salah atau mesin kalian yang tidak berfungsi mengapa jadi saya yang harus repot...?"
Akhirnya pengawai toko itu bersedia melaporkaan kasus tersebut ke Bank Mandiri pada tanggal 18 Deseember 2017 jam 8 malam. Petugas bank yang tidak saya tanya namanya mengkonfirmasi bahwa  mamang benar ada transaki itu dan dia  menyatakan mengurus pengaduan tersebut saat itu juga. Dia mengatakan dalam 3x24 jam uang akan kembali, OK, saya tunggu, karena sudah ada konfirmasi dari fihak bank, sayapun lega.
Setelah  3x24 jam, uang yang saya tunggu tidak juga kembali. Saya kembali menghubungi call centre Bank Mandiri untuk menanyakan uang tersebut. Penerima telepon yang kali ini perempuan menjawab akan memproses pengaduan saya dan mengatakaan uangnya akan kembali dalam 7 hari.
Oow... saya mulai kesal, saya sampaikan bahwa kata pelayan pengaduan, kasus saya sudah diproses dan butuh 3 hari, tetapi setelah 3 hari malah dikatakan akan diproses dan butuh 7 hari untuk investigasi. Petugas itu hanya menjawab "baik, baik dan baik" yang saya duga bukan untuk menyatakan mengerti kekesalan saya, tetapi sekedar untuk memutus kata-kata kekecewaan saya.
Kini 7 hari juga sudah berlalu, uang itu belum juga kembali. Kalau saya telpon call centre lagi, jangan-jangan malah akan dijawab "baik pak, pengaduan bapak akan kami proses dan butuh waktu 3o hari untuk investigasinya...." Adanya kata-kata investigasi, saya melihat masih adanya keterkaitan dengan Indomaret sehingga uang saya belum kembali.
Indomaret, Bank Mandiri, begitukah pelayanan anda terhadap  nasabah yang mungkin nilai rekeningnya tidak ada artinya bagi kalian ?  Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H