Mohon tunggu...
Taryadi Sum
Taryadi Sum Mohon Tunggu... Insinyur - Taryadi Saja

Asal dari Sumedang, sekolah di Bandung, tinggal di Bogor dan kerja di Jakarta. Sampai sekarang masih penggemar Tahu Sumedang

Selanjutnya

Tutup

Nature

Ganti Handuk Hotel 2 Hari Sekali, Gak Apa-apa Kali Ya??

14 April 2015   09:36 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:08 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ketika menginap beberapa hari di hotel, saya hampir tak pernah meminta handuk baru (handuk yang bersih baru dicuci dan disetrika) setiap hari. Setidaknya penggantian handuk itu baru saya minta per dua hari.

Kemarin baru menginap semalam dengan seorang kawan, kawan itu langsung menaruh handuknya di lantai yang menandakan minta diganti dengan handuk yang baru. Saya sendiri masih menyimpannya di gantungan handuk karena saya piker masih cukup bersih karena baru dipakai dua kali. Kawan saya itu menyarankan saya untuk menaruh saja di lantai seperti yang dia lakukan, toh sudah menjadi fasilitas pelanggan untuk mendapat penggantian setiap hari.

Saya sesungguhnya sangat faham akan hal itu. Namun saya peduli bahwa beban lingkungan terhadap bumi makin hari makin berat. Setiap detik bumi harus menanggung polusi yang diakibatkan ulah manusia dari mulai pencemaran udara, air sampai tanah. Meminta handuk per dua hari sama dengan mengurangi setengah dari limbah deterjen yang akan dibuang ke lingkungan dari cucian handuk hotel itu.

Boleh jadi bahwa polusi yang diakibatkan pemcucian sepotong handuk itu tidak berarti apa-apa disbanding mencemaran yang terjadi secara keseluruhan. Tetapi jika semua orang yang menginap di hotel mau melakukan itu, bukan tidak mustahil mengurangi laju pencemaran lingkungan secara keseluruhan. Bayangkan jika di seluruh dunia terdapat sejuta orang menginap di hotel setiap hari dan setiap potong handuk menghasilkan 20 liter limbah deterjen, maka bumi akan terhindar dari 20 juta liter air sisa mencucian handuk yang mengandung deterjen tersebut.

Karena itu, kepada kawan tersebut saya menyarankan agar besok lusa tidak minta handuk setiap hari ketika menginap di hotel. Saya kira ketika kita hanya melakukan aktivitas normal, pengguaan handuk dua hari sekali masih oke lah, toh di rumahpun saya malah menggunakan handuk untuk beberapa hari sebelum dicuci kembali. Sungguh saya ingin mengajak semua orang dalam setiap kesempataan untuk sedikit peduli terhadap lingkungan. Mengurangi beban bumi dari pencemaran lingkungan dapat meminjam istilah AA Gym, yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil-kecil dan mulai dari sekarang.

Setelah mengurangi pencucian handuk, hal lain yang SANGAT BISA kita lakukan adalah menolak kantong plastik untuk pembelian barang kecil satu atau dua buah, menghemat penggunaan kertas dan masih banyak lagi.

Salam Go Green……..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun