Mohon tunggu...
Kamila Chaenel
Kamila Chaenel Mohon Tunggu... Lainnya - ekonomi, sosial,politik.

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Money

Mahasiswa KKNT Covid-19 UNISMA Edukasi Warga soal Pemasaran Produk Secara Online

14 September 2020   12:08 Diperbarui: 14 September 2020   12:19 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Beberapa  mahasiswa dari kelompok 69 yang melakukan kegiatan KKN-PM Tematik Edisi covid-19 2020 yang bertepatan di dusun timur sungai, desa tiris, kecamatan tiris, kabupaten probolinggo, yang di dampingi oleh Dosen pendamping Bapak Ahsani Taqwiem, SE., ME.

Meskipun ditengah pandemi, KKN tetap dilakukan dengan berbagai kegiatan yang positif baik secara online melalui media social maupun offline turun langsung kemasyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai covid-19 dan New Normal membuat banyak sekali masyarakat yang terkena dampaknya, karena anjuran pemerintah yang mewajibkan kita dirumah saja. Sehingga membuat perekonomian semakin melemah, apalagi UMKM yang berada di desa.

Sebelum melakukan program kegiatan pemberian edukasi tentang pemasaran prooduk secara online dimasa Era New Normal kali ini kegiatannya diisi dengan belajar cara pengolahan kripik khas desa tiris, kecamatan tiris, kabupaten Probolinggo bersama ibu anisa.

PROSES PENGEMASAN PRODUK/dokpri
PROSES PENGEMASAN PRODUK/dokpri
PROSES PENGEMASAN PRODUK/dokpri
PROSES PENGEMASAN PRODUK/dokpri

Program-program yang telah dilaksanakan selama KKN adalah pemberian edukasi tentang pemasaran produk secara online di masa era new normal, dengan mempromosikan disosial media agar produk yang ibu anisa buat ini dapat dikenal masyarakat luas. Dan juga produk ini dikatakan sudah pernah diakui di Provinsi Jawa Timur tentang rasanya yang sangat khas.

Salah satunya usaha makanan kripik pisang yang berawal dari banyaknya pisang sehingga dapat diolah menjadi kripik, tidak hanya kripik biasa yang sudah semua orang rasakan melainkan banyak sekali varian rasanya, mulai dari rasa manis, asin dan pedas. Hal itu kurang banyak orang yang mengetahui tentang produk buk anisa, disana pun tidak hanya ada produk kripik yang dibuat oleh buk anisa. 

Ada banyak sekali produk yang sudah dibuat oleh buk anisa terutama produk,gula herbal alami, gula aren kedaton rasa (jahe, temulawak, kunir, dan laos), jahe instan, temulawak instan, kopi lada hitam, abon pisang, pete crispy, teh lancor, kripik pisang varian rasa manis,asin, dan pedas, ada pula kripik pisang krispy, dan kripik pisang kulit. Dengan memberikan edukasi tentang pemasaran produk secara online di masa era new normal agar produk olahan khas tiris  lebih dikenal lagi khususnya masyarakat Probolinngo dan luar daerah.

Edukasi dilakukan secara langsung secara tatap muka dengan mengembangkan pusat oleh2 yang ada ditiris bersama ibu anisa, dan melakukan pemasaran produk secara online melalui media instagran, facebook, Whatsapp.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun