Mohon tunggu...
Bintang Eko
Bintang Eko Mohon Tunggu... Penulis - Keterangan Profil

Nyontek artikel milik saya? *sedih *kecewa *berdo'a agar..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Memilih Pelumas yang Tepat untuk Motor 86 cc

7 September 2015   18:24 Diperbarui: 4 April 2017   17:57 6528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Federal Oil untuk Astrea Star."][/caption]Hae, kenalin motor tuaku namanya Mokin yang sudah satu dekade menemaniku. Nama Mokin sendiri diambil dari singkatan "Motor Kinjeng". Dulu, motor yang memasang dua spion lengkap kanan dan kiri sering diledek dengan "Kinjeng" (bahasa Jawa Belalang) karena dua spion di motor terlihat seperti antena Belalang. Motor ini adalah pemberian bapak, setelah sebelumnya dipakai oleh pamanku. Bisa dibilang motor turun-temurun.

Sampai sekarang aku masih setia naik Mokin menempuh puluhan kilometer di Yogyakarta. Pernah dua kali Mokin ingin dibeli kembali oleh paman, tapi aku tak bergeming. Tetap saja aku pakai Mokin meskipun ada motor yang lebih baru. Aku punya alasan kuat kenapa aku tidak mau melepas Mokin; ukuran silindernya kecil sehingga irit bahan bakar, tidak berat sehingga aselerasi ringan, dan irit biaya perawatan karena motor 4 Tak transmisi manual.

Mokin milikku adalah motor Honda Astrea Star 86cc keluaran 1995, keluaran terakhir varian ini sebab Honda tidak memproduksi lagi dan baru gencar mengeluarkan varian baru Astrea Grand.

Mokin tidak pernah pergi jauh, hanya sekitar area Yogyakarta saja. Perjalanan terjauh adalah daerah Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Sebelum bulan puasa 2015, Mokin mencoba menaklukkan jalan terjal ke Tebing Breksi Prambanan, Yogyakarta dan alhamdulillah sampai ke tempat dengan selamat. Ternyata masih tangguh ya Mokin...

Dia pernah sakit hingga harus ada peremajaan. Aki sudah beberapa kali ganti, ban dalam dan luar juga sering, apalagi bolam lampu depan dan belakang tak terhitung lagi jumlahnya. Tapi sakit terparah Mokin adalah harus ganti piston, salah satu penyebabnya adalah telat ganti pelumas. Sejak sakit parah itu, Mokin jadi lebih manja, harus sering dibelai, harus sering check up, tidak boleh telat ganti pelumas; agar dia tetap sehat mengingat usianya sudah menua.

Menurut bapak bengkel, (merk) pelumas tidak boleh sering gonta-ganti karena akan cepat merusak mesin. Aku kurang tahu ketika Mokin dipakai paman sering gonta-ganti merk pelumas, karena setelah Mokin jadi milikku, pelumas yang diminum cuma satu; Federal Oil. Iya..., pelumas Federal karena buku petunjuk motor menyebut dengan jelas nama Federal Oil.

[caption caption="Buku petunjuk motor Honda Astrea."]

[/caption]

Pelumas Astra Star
Di buku petunjuk sudah gamblang menyebut Federal Oil, kenapa harus ganti merk lain? Sekarang Mokin memakai varian Federal Supreme Ultratech, tidak ada pilihan lain dari Federal Oil untuk motor seperti punyaku.

[caption caption="Supreme Ultratech (sumber federaloil.co.id)."]

[/caption]

Lho tapi kok disitu tertulis tidak lebih dari 5 tahun umur mesin? Terus piye? Sampai sekarang alhamdulillah tidak ada masalah dengan Mokin. Aku sudah cari-cari di Google, jenis pelumas yang cocok untuk motor di atas 10 tahun dan menemukan kalimat seperti di bawah ini;

"Oli SAE 20W-50 artinya, ketika mesin dingin tingkat kekentalannya hanya 20. Namun begitu suhu mesin lebih dari 60 celcius keketalannya jadi lebih tinggi, hingga mencapai SAE50. Spek ini sangat diperlukan mesin dengan clearance antar komponen lebih lebar. Cocok untuk mesin jadul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun