Kalya aurelli

14 Oktober 2019   15:42 Diperbarui: 14 Oktober 2019   16:00 8
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

INVITA 2019

Hari Selasa, 8 Oktober 2019, hari dimulainya perjalananku menuju Yogyakarta dan Solo dalam acara INVITA atau industry visit dan tafakur alam. Hari itu kumulai dengan mempersiapkan koper dan tas genggam yang berisi segala keperluanku selama 5 hari di INVITA juga mengenakan pakaian yang diperintahkan untuk dipakai yaitu baju angkatan dan celana/rok bebas tetapi sopan. Perjalananku menuju Stasiun Gambir pintu selatan dimulai pada pukul 16.45 saat aku mengendarai mobil untuk menjemput seorang teman. Setelah 'transit' di rumah teman, kami melaju menuju stasiun sambil bercerita dan menikmati pemandangan.

Mobilku sampai di gerbang stasiun gambir sekitar pukul 5.30. sudah lumayan banyak yang sudah datang. Sambil menunggu masuk gerbang, aku dan teman-temanku memilih untuk membeli segelas kopi dari starbucks dan berbincang-bincang kecil tidak lupa mmenggambil tiket di wali kelas kami. Pada pukul 6.30, kami akhirnya masuk dan berkumpul untuk mengumpulkan tas sesuai kelas masing-masing. Pada waktu ini, kami diperbolehkan untuk pergi jajan ataupun shalat maghrib terlebih dahulu. Setelah itu, kami dikumpulkan sesuai kelas masing-masing dan briefing sebentar. Lalu, kami di arahkan menuju gerbong masing-masing sesuai yang tertera di tiket. Kereta yang kita tumpangi adalah Argo Laut.

Aku menuju gerbong 5 dengan chairmate ku yang bernma Keira. Awal-awal perjalanan, suasana kereta lumayan ramai. Banyak yang berbincang-bincang juga banyak yang sudah tertidur. Aku bersama Keira, Arsya dan juga Wicak memutuskan untuk menonton film Avengers: endgame. Nonton film sambil makan malam ditemani teman-temanku adalah salah satu hal yang paling kusukai di kereta. Pukul 9.30 adalah batas kami mengunjungi gerbong lain jadi aku dan teman-temanku yang masih terbangun bermain dengan smartphone masing-masing. Karena mengidap insomnia, aku hanya tidur selama 1 jam walaupun sudah di nasihati oleh Arsya yang bangun hampir setiap jam yang mengingatkanku untuk tidur.

DAY 1 : Pukul 3.45, waktu kami samapi di kota Solo. Setelah keluar dari Stasiun Solobalapan, kami dipandu oleh travel guide kami menuju bus B yang berwarna pink tua. Mulailah hari opertama kami di kota Solo. Pertama-tama kami berhenti di sebuah restoran untuk membersihkan diri dan mengganti pakaian menjadi seragam batik labschool. Disana kita juga sarapan dan merayakan ulang tahun Anitt dan Anett tidak lupa juga dengan Anjani dan Adrian. Setelah selesai makan, kami pun berangkat menuju tempat kunjungan pertama kami, yaitu Museum Sangiran.

Sampai di Museum Sangiran yang terletak di Kebayanan II, Krikilan, Kec. Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57275. Disana terdapat banyak sekali fosil manusia purba. Disana kami mengambil video, foto dan juga wawancara untuk tugas kami selama invita yaitu membuat video kegiatan invita. Untuk contoh-contohnya, dapat dilihat di youtube. Setelah dari museum ini, kami meuju PT.SRITEX. PT.SRITEX adalah industri tekstil terbesar di Asia Tenggara dimana tempat dibuatnya banyak seragam tentara, baju batik, dll. Setelah dari PT.SRITEX, kami pun pergi menuju Yogyakarta untuk pergi ke hotel tempat menginap kami selama 3 hari dan 2 malam di Hotel Cavinton.

DAY 2 : pukul 5.00 di pagi hari, kami dibangunkan dengan telpon dari frontdesk yang menandakan kami untuk bersiap-siap sarapan. Pukul 6.20, aku dan teman-teman turun menuju restoran hotel untuk sarapan. Pada saat itu kami mengenakan baju kelas dengan rok/celana bebas tetapi sopan. Jadi aku menggunakan baju kelasku yaitu begayaan yang berwarna pink pastel dipadukan dengan mom jeans berwarna biru muda. Berangkatlah kami pada pukul 8.00 menuju Gunung Merapi untuk Lava tour. Disana kami mengunjungi Museum sisa hartaku,batu alien dan Bunker Kaliadem. Tiga tempat itu adalah tempat sisa meletusnya Gunung Merapi yang banyak menelan korban jiwa pada tahun 2006 dan 2010. Setelah dari Merapi, kami berangkat menuju Desa Penting Sari untuk belajar membatik. Setelah dari sana, kami Tebing Breksi untuk berfoto-foto dengan background sunset dan tebing yang tinggi juga dimenikmati senja sambil berbincang dengan teman dekat aku.

Sekitar pukul 17.30, kami berangkat dari tebing Breksi menuju restoran untuk makan malam dan beribadah. Sekitar pukul 7.30, kami pun berangkat menuju tempat yang paling kami tunggu-tunggu yaitu Malioboro. Disana kami diberi waktu hingga pukul 21.30 untuk berbelanja oleh-oleh. Aku hanya membeli beberapa benda seperti baju dan juga gelang buatan tangan. Selesai dari sini, kami kembali pergi ke hotel.

DAY 3: hari terakhir di kota Yogyakarta, hari dimana kami mengunjungi Candi Borobudur, Bakpia Djava juga Dagadu. Kami mengunjungi candi bercorak budha ini mulai dari pagi sampai setelah shalat Jumat. Disini kami mengambil foto walaupan disengat teriknya matahari. Setelah dari Borobudhur, kami mampir sebentar ke Bakpia Djava untuk membeli makanan khas Jogja yang dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Kemudian, kami menuju Dagadu untuk membeli baju khas Yogyakarta. Disana, aku tidak membeli apa-apa karen auangku sudah habis aku belanjakan di Malioboro.

Setelah dari Dagadu, kami pun berangkat menuju Stasiun Tugu Yogjakarta untuk pulang ke Jakarta. Menggunakan kereta Taksaka, kami berangkat menuju Jakarta pada pukul 20.00. Karena insomnia,aku sama sekali tidak tertidur. Kami sampai di Jakarta pukul 3.50, aku disambut mama dan papa di Stasiun Gambir untuk di jemput pulang.

Pelayanan travel agency kusuma Wisata lumayan baik. Makasih tante Ika udah tabah memandu anak-anak 8B yang berisiknya minta ampun.