JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET
MODUL AJAR
SMAN COLOMADU
DASAR DASAR JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
KELAS X / FASE E
Semester 1 (Ganjil)
- INFORMASI UMUM
- Identitas Modul
- Nama Penyusun        : Kalistus Haris Pratama
- Nama Sekolah         : SMA N Colomadu
- Tahun Penyusunan     : 2023
- Jenjang Sekolah        : SMA
- Alokasi Waktu         : 4 Jam Pelajaran @40 menit (2 Pertemuan x 2 JP)
- Elemen                : Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
- Capaian pembelajaran:
- Pada akhir fase E peserta didik mampu menguasai materi jaringan komputer dan sistem telekomunikasi.
- Profil Pelajar Pancasila
- Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
- Peserta didik diharapkan bisa bergotong royong dalam menganalisis jenis jaringan lokal , internet dan konektivitas Internet
- Peserta didik diharapkan mampu bernalar kritis mengkategorikan komponen pembentuk jaringan lokal , internet dan konektivitas Internet
- Sarana & Prasarana
- Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
- Laptop/LCD Proyektor
- Media ajar/Video
- Ruang Laboratorium
- Perangkat komputer
- Lembar Jobsheet
- Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler
- Model Pembelajaran yang Digunakan
- Ceramah
- Demonstrasi
- Pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL)
- KOMPONEN INTI
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik diharapkan mampu:
- Memahami konsep dasar jaringan komputer
- Mengenali jenis-jenis jaringan
- Mendapatkan pemahaman dasar tentang risiko keamanan jaringan komputer .
- Mengenal konsep dasar dalam sistem telekomunikasi .
- Pemahaman Bermakna
- Meningkatkan pemahaman peserta didik terkait jaringan computer dan system telekomunikasi , sehingga mampu merasakan pentinngnya teknologi dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam dunia nyata atau sehari-hari. , baik dalam berkomunikasi dengan teman-teman , keluarga , atau dalam lingkungan kerja nantinya.
- Pertanyaan Pemantik
- Apa itu jaringan komputer dan mengapa jaringan computer itu penting dalam dunia teknologi informasi saat ini ?
- Apa itu sistem telekomunikasi, dan bagaimana sistem ini memungkinkan komunikasi suara, data, dan video antara berbagai perangkat ?
- Apa perbedaan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN), dan di mana kita biasanya menemui masing-masing jenis jaringan ini ?
- Bagaimana teknologi telekomunikasi telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan bekerja dalam dunia yang semakin terhubung?
- Persiapan Pembelajaran
- Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materidan modul ajar.
- Menyiapkan alat dan bahan
- Jobsheet
- Kegiatan Pembelajaran
- Â
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERTEMUAN 1
- Tahapan
- Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
- Kegiatan awal
- Pembukaan
- Guru menyiapkan media pembelajaran.
- Guru mengucapkan salam.
- Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru melakukan presensi siswa.
- Guru mengisi buku agenda kelas.
- Apersepsi
- Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
- Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
- Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Peserta didik diminta mengerjakan pretest.
- Motivasi
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Apa itu jaringan komputer dan mengapa jaringan computer itu penting dalam dunai teknologi informasi saat ini ?
- Apa itu sistem telekomunikasi, dan bagaimana sistem ini memungkinkan komunikasi suara, data, dan video antara berbagai perangkat ?
- 15 menit
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Menggali dan mendiskusikan materi jaringan komputer dan internet .
- Elaborasi
- Guru menjelaskan pengertian jaringan komputer.
- Guru menjelaskan jenis-jenis jaringan dan alat telekomunikasi .
- Guru menjelaskan pemahaman dasar tentang keamanan jaringan komputer dengan video.
- Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi jaringan computer dan internet.
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.
- Konfirmasi
- Peserta didik menjelaskan kembali hasil mendengarkan dan mencatat dengan sukarela.
- Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau menjelaskan.
- Melakukan diskusi dan koreksi dari hasil penjelasan yang disampaikan peserta didik.
- Peserta didik diminta mengerjakan postest.
- Peserta didik memperbaiki dan melengkapi catatan yang kurang lengkap.
- 50 menit
- Penutup
- Kegiatan Akhir
- Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
- Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi pada pertemuan selanjutnya.
- Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar).
- Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do'a.
- Guru menginstruksikan peserta didik untuk merapikan dan memebersihkan lab.
- Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam.
- 15 menit
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERTEMUAN 2
- Tahapan
- Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
- Kegiatan awal
- Pembukaan
- Guru menyiapkan media pembelajaran.
- Guru mengucapkan salam.
- Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru melakukan presensi siswa.
- Guru mengisi buku agenda kelas.
- Apersepsi
- Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
- Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
- Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Guru mengaitkan kejadian sehari-hari dengan materi.
- Motivasi
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Bagaimana teknologi telekomunikasi telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan bekerja dalam dunia yang semakin terhubung?
- 15 menit
- Kegiatan Inti
- Orientasi peserta didik pada masalah.
- Peserta didik diberi pemaparan masalah pada teknologi telekomunikasi .
- Perkembangan teknologi komunikasi, seperti internet, media sosial, perangkat seluler, dan aplikasi pesan instan, telah mengubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Meskipun teknologi ini membawa banyak manfaat, ia juga memunculkan sejumlah masalah dan perubahan dalam dinamika sosial. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan bagaimana perkembangan teknologi komunikasi memengaruhi cara kita berkomunikasi dan apa dampaknya pada masyarakat. ?
- Peserta didik diminta untuk:
- Menganalisis penyelesaian masalah dengan mengemukakan pedapat.
- Mengajukan pertanyaan terkait penyelesain masalah.
- Guru bersama peserta didik menentukan penyelesaian masalah.
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Â
- Guru meminta peserta didik membentuk kelompok secara heterogen (laki-laki dan perempuan) setiap kelompok 3-4 orang.
- Guru meminta peserta didik untuk menganalisa permasalahan pada perangkat perangkat tersebut.
Membimbing penyelidikan yang dilakukan secara individu maupun kelompok.
- Peserta didik berdiskusi dan mengerjakan jobsheet.
- Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya jika kesulitan dalam mengerjakan jobsheet.
Mengembangkan dan menyajikan penyelesaian masalah.
- Peserta didik melaporkan hasil diskusi melalui pekerjaan lembar jobsheet.
- Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan mempersilahkan peserta didik yang lain untuk memberikan tanggapan, pertanyaan, atau masukan.
- Guru mendampingi dan melakukan penilaian saat peserta didik sedang presentasi diskusi.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
- Guru dan peserta didik melakukan analisis dan evaluasi terhadap pemecahan masalah.
- 50 menit
- Penutup
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran
- Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan.
- Peserta didik mengerjakan tes formatif.
- Guru menyampaikan materi atau kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam
- 15 menit
- Asesmen
-
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!