Jika mereka hanya mengandalkan berjualan di toko kelontong atau menerima pesanan langsung, maka yang terjadi mereka akan kesulitan bersaing di era pasar moderen. walupun dengan berjualan kelontong omset yang didapat sudah lumayan, tetapi dengan pelatihan ini bisa membuka peluang agar warga bisa expose lebih luas produk jualannya. sehingga itu dapat meningkatkan penjualan produk UMKM di desa Kaligading.Â
Antusias tinggi ditunjukkan warga Kaligading, kegiatan ini diikuti kurang lebih 30 orang. dengan materi pemasaran moderen yang disampaikan oleh salah satu dosen Universitas PGRI Semarang, yaitu Drs. M. Saeffudin zuhri M.Pd. Beliau merupakan pengusaha yang sudah meraih sukses mengembangkan usahanya diranah digital, dimana sekarang beliau sudah punya 5 toko online dengan berbagai produk didalamnya.Â
kegiatan pelatian yang juga di hadiri oleh beberapa perangkat desa ini diharapkan mampu menunjang warga masyarakat kaligading untuk dapat mengembangkan usahanya dan bersaing di era pasar moderen yang sekarang sebagian besar sudah mengarah pada pasar online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H