Mohon tunggu...
Kaiza nazwita
Kaiza nazwita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perilaku Konsumen terhadap Toko Rahma Hijab di Bulan Ramadhan

23 April 2024   21:09 Diperbarui: 23 April 2024   21:12 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Puncak bulan Ramadhan adalah di hari raya Idul Fitri atau biasa dikenal dengan Lebaran. Di hari Lebaran, umat Islam disunahkan untuk memakai pakaian yang baik, bersih, dan bagus. Umat Islam khususnya di Indonesia biasa membeli pakaian baru untuk hari raya. Pada bulan Ramadhan sangat banyak pusat perbelanjaan yang mengadakan diskon atau promo, terutama produk fashion dan aksesoris. Tujuan diadakannya promo yaitu supaya menarik perhatian konsumen, terlebih lagi mendekati hari raya Idul Fitri yang dimana banyak masyarakat yang membutuhkan barang atau produk baru untuk dipakai di hari raya.

Salah satunya adalah toko Rahma Hijab yang berada di daerah Kademangan, Setu, Kota Tangerang Selatan. Menjelang hari raya Idul Fitri 2024, toko hijab ini  menjual produk-produknya dengan harga yang lebih murah dibanding hari biasanya. Harga produk diberi potongan lima ribu rupiah setiap pembelian. Saya membeli salah satu model hijab dengan harga asli tiga puluh lima ribu rupiah dan hanya menjadi tiga puluh ribu rupiah. Toko hijab ini selalu ramai selama hari-hari menjelang lebaran, banyak pengunjung yang berdatangan untuk memenuhi kebutuhan mereka,  ada beberapa pengunjung yang awalnya tidak berniat beli menjadi beli setelah tau model hijab yang menarik dan adanya potongan harga.

Dapat dipahami, bahwa pengaruh promo di hari menjelang lebaran sangat berpengaruh terhadap minat beli calon konsumen. Konsumen yang membutuhkan produk hijab untuk kebutuhan hari raya pasti mempunyai beberapa alternatif toko dan menilai toko mana yang paling baik dan akan dikunjungi, konsumen melakukan pertimbangan tidak hanya dari segi lokasi dan kualitas produk, melainkan juga harga yang lebih terjangkau. Rahma Hijab memberikan lokasi yang strategis dimana lokasinya berada di tengah-tengah tempat tinggal masyarakat, model dan kualitas hijab yang bagus, dan potongan harga atau promo yang diberikan, membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk hijab dari Rahma Hijab.

Saya sebagai salah satu konsumen merasa cukup puas karena telah melakukan pembelian di Rahma Hijab karena kualitas yang bagus, model yang menarik, dan harga yang lebih murah dibanding toko lain. Maka, kedepannya saya akan kembali lagi ke toko Rahma Hijab, untuk memenuhi kebutuhan hijab saya di waktu yang mendatang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun