Di TK Masyithoh sunan bonang,ada beberapa anak yang belum mengenal huruf sehingga belum mampu mambaca,walaupun itu membaca nama dirinya.itu disebabkan belum tepatnya metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru.pembelajaran yang masih monoton,masih berpusat pada guru membuat anak tidak berminat dalam membaca.selain itu tuntutan untuk jenjang selanjutnya (SD) yang banyak memberikan tes membaca untuk masuk sekolah.maka dari itu membaca harus ditanamkan sejak dini agar anak mampu membaca dengan benar,sebagai guru kita bertanggu jawab dalam pembelajaran di sekolah.maka dari itu di lakukan praktik baik untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan mendata anak didik yang belum mampu membaca,membuat media kartu huruf.dengan penerapan pendekatan saintifik dan menggunakan metode bermain.selain itu digunakan juga bahan ajar yang nyata seperti buah jeruk, dan menggunakan laptop untuk pemutaran video.dengan menggunakan media kartu huruf dan bahan ajar yang nyata anak-anak lebih bersemangat dalam pembelajarn sehingga mampu meningkatkan kemampuan anak membaca sederhana.hasil yang didapat dari penerapan aksi tersebut sangat efektif.pembelajaran dari praktik baik ini adalah dalam pembelajaran membaca pada anak usia dini perlu dilakukan dengan menggunakan metode dan media yang tepat sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H