Mohon tunggu...
Indra
Indra Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Berbagi ilmu dan pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together

25 April 2021   15:27 Diperbarui: 25 April 2021   15:48 778
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama penulis : INDRA

Nim : 181011500249

Semester : 6

Prodi : Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Universitas Pamulang

Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together

      Setiap manusia tidak mungkin tidak mengalami yang namanya belajar baik itu melalui pembelajaran secara formal atau ataupun informal, pembelajaran dapat dikatakan sebuah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik yang bertujuan untuk memberikan ilmu dan mendapatkan ilmu sedangkan belajar merupakan perubahan yang permanen dalam segi perilaku atau potensi atau kemampuan yang dimana ditandai dengan adanya perubahan yang pada umumnya perubahan tersebut bertujuan pada perubahan yang baik.

      Guru sebagai pelaksana utama pembelajaran sangatlah harus memahami dan menguasai penerapan model pembelajaran,guru harus memperhatikan apa model pembelajaran yang akan digunakannya untuk mengajar dikelas, sebab jika salah dalam menerapkan model pembelajaran maka tujuan pembelajaran bisa saja tidak tercapai, model pembelajaran harus sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik yang dimana tidak semua memiliki latar belakang yang sama nah hal seperti inilah yang menjadikan tolak ukur untuk guru menerapkan model pembelajaran apa yang akan digunakan didalam kelas.

      Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas dan ngulas salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Model NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan meningkatkan penguasaan akademik. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, hal ini bisa menjadi solusi bagi guru yang mendapatkan peserta didik yang tergolong dalam kaegori pendiam dan kurang aktif dalam pembelajaran dengan model pembelajaran ini diharapkan adanya perubahan yang baik.

            Model pembelajaran NHT (Number Head Together) pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) untuk melibatkan banyak siswa dalam mengikuti, menelaah, dan dapat menguasai materi dalam suatu pelajaran. Sehingga siswa dapat mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran yang sedang dipelajari tersebut. 

Adapun prosedur dan pelaksanaan dalam menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) adalah : Guru memberikan pengarahan, membentuk kelompok heterogen, dan tiap siswa memiliki nomor tertentu, guru memberikan persoalan atau suatu permasalahan yang mentransformasikan persoalan dengan mata pelajaran yang akan dibahas dimana hal ini guru mengajak siswa membentuk kelompok antara 4-5 siswa yakni untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa tadi, tiap siswa dengan nomor yang sama mendapat tugas yang sama yang kemudian bekerja kelompok, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai dengan tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individu dan pembuatan skor dari tiap-tiap perkembangan belajar siswa dengan mengumumkan hasil kuis dan berilah reward (hadiah) bagi yang berprestasi baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun